Register Login
Danar Hadi Batik Pesona Batik Solo

Danar Hadi Batik Pesona Batik Solo

Batik merupakan pakaian asli khas Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Diakuinya batik sebagai salah satu warisan budaya, membuat keberadaan pengusahan batik di tanah air menjamur saat ini. Di Indonesia, ada beberapa kota yang terkenal akan kerajinan batiknya, salah satunya adalah kota Solo.

Batik dari kota Solo terkenal dengan pembuatannya yang rumit dan detail, sehingga dapat menimbulkan sisi estetik tersendiri. Salah satu brand batik yang cukup terkenal di Indonesia salah satunya adalah Danar Hadi. Adalah H. Santosa dan istri, juragan batik asal Solo, Jawa Tengah yang berhasil membangun dan mengembangkan industri batik dengan brand Danar Hadi sampai saat ini. Sang pemilik, H. Santosa bersama istri Hj. Sanarsih merintis usaha batik ini dari bawah. Pada tahun 1967, pasangan suami istri ini merintis usaha batik di kota Solo. Berkat usaha keras mereka berdua, merek batik Danar Hadi menjadi terkenal seperti sekarang ini.

Nama Danar Hadi terinspirasi dari nama istrinya dengan mengambil dua suku kata pertama sang istri dan ditambah dengan nama depan bapak mertua. Jadilah nama batik Danar Hadi sebagai merek batik yang di produksi oleh H. Santosa dan sang istri. Keberadaan butik Danar Hadi hingga saat ini telah memiliki 20 cabang gerai batik yang tersebar di kawasan Jawa dan luar Jawa, yakni Jakarta terdapat tiga outlet yang berlokasi di Jl. Melawai Raya no. 69-70, Jakarta Selatan, Jl. Raden Saleh 1a, Jakarta Pusat, Jl. Prof. Dr. Soepomo 72 Tebet, Jakarta Selatan. selain di Jakarta, Danar Hadi butik juga terdapat di Depok, Bandung, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Padang, Medan, Balikpapan dan Makassar.

Batik yang ditawarkan oleh Danar Hadi ini cukup beragam, mulai dari batik print, cap hingga batik tulis semua ada di sini. Yang menjadi kelebihan dari batik Danar Hadi ini adalah penggunaan pewarna alami dalam setiap corak batiknya. Karena batik yang menggunakan pewarna alami lebih bertahan lama corak dan warnanya. Koleksi batik Danar Hadi juga bermacam-macam, dari koleksi untuk anak kecil, anak muda hingga untuk yang formal. Untuk harganya pun cukup terjangkau dan dilihat dari kualitas batiknya. Buat anda yang ingin mencari batik yang berkualitas, batik Danar Hadi sangat cocok untuk anda semua. (Angga W. Wardani/Gedoor.com)

  • 21 Juli 2014 - 12:04:26 Wib
  • Dibaca : 3814
  • Foto : geDoor

TOP Artikel Selanjutnya

3. Parang Kencana The Art Of Batik From Indonesia

ARTIKEL LAINNYA

SHARE