Register Login
Pasar Batu Dan Permata Rawa Bening

Pasar Batu Dan Permata Rawa Bening

Menyambangi pasar Rawa Bening untuk ke sekian kalinya membuat saya cukup kaget juga, dulu sewaktu pertama kali ke tempat ini lokasinya masih berbentuk pasar biasa saja, tetapi relokasi yang diprogramkan oleh pemerintahan kota Jakarta Timur telah mengubah bentuk dari pasar biasa menjadi pusat perdagangan batu dan mutiara dengan konsep hampir mirip seperti mal dan diberi nama lain Jakarta Gems Center (JGC).

Tetapi tetap saja nama yang telah popular lebih dulu di tengah masyarakat adalah Pasar Batu Aji dan Permata Rawa Bening, di pasar ini di jual berbagai macam jenis batu aji dengan berbagai macam warna dan ukuran dan ada juga aksesoris seperti gelang, cincin dan kalung juga turut di tawarkan oleh pedagang. Menurut salah satu pedagang yang berjualan ditempat ini, "bukan hanya orang Indonesia saja yang berbelanja di sini melainkan orang dari Malaysia, Singapura, dan Arab kerap datang dan membeli batu di sini.

Menurut pengamatan saya pasar semacam ini seharusnya berkaitan erat dengan pengunjung wanita, tetapi di sini terlihat kebalikannya lebih didominasi oleh pengunjung pria yang tampak asyik sedang melihat-lihat batu-batu yang di pajang oleh penjual. Seputar harga dari batu perhiasan di tentukan oleh jenis, corak, sinar, keindahan, dan keunikannya. Kelangkaan juga turut menentukan harga yang akan di tawarkan oleh penjual, di pasar ini harga batu mulai dari yang termurah adalah Rp 10.000 dan yang termahal sampai kisaran jutaan juga dijual.

Di sela-sela pembeli yang di dominasi oleh pria nampak dua orang gadis sedang sibuk melihat-lihat batu yang berukuran sedang yang hendak dibelinya, " untuk di jadikan kalung mas, soalnya lagi trend batu aksesoris warna-warni ini nantinya akan kami sambung dan menjadi sebuah kalung, kalau masalah harga sih lumayan murah karena bisa di tawar juga, kalau masalah batu asli atau palsu kami kurang tahu pasti yang penting warnanya mencolok dan bagus," begitu kata Dita.

Jeli sebelum memilih merupakan saran yang tepat bila berkunjung ke tempat ini, bukannya berniat menakut-takuti tapi ada beberapa oknum pedagang yang menjual batu-batu palsu yang terlihat susah untuk dibedakan dengan yang asli. Alangkah lebih baik lagi apabila berniat membeli batu di Pasar Rawa Bening ini mengajak seorang teman yang cukup paham dengan kualitas batu-batuan perhiasan. (Roy)

  • 21 Juli 2014 - 11:46:13 Wib
  • Dibaca : 2760

TOP Artikel Selanjutnya

2. Aneka Batu Cincin Di Jalan Batu Tuli

ARTIKEL LAINNYA

SHARE