Register Login
Pasar Baroe

Pasar Baroe

Kawasan perbelanjaan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga warga kota Jakarta, Pasar Baru namanya yang terletak di Jakarta Pusat. Konon kabarnya Pasar Baru merupakan salah satu pusat perbelanja yang tertua usianya di Jakarta, kira-kira dibangun sekitar tahun 1820 an, wah sudah tua juga ya rupanya.

Pasar ini merupakan salah satu warisan peninggalan dari jaman penjajahan Belanda tepatnya di era VOC, tempat ini dulunya merupakan kawasan elit yang fungsinya sebagai tempat berbelanja dan untuk tempat nongkrong istilah sekarangnya, tapi bukan untuk pribumi melainkan untuk orang Belanda.

Di jaman sekarang ini seiring berjamurnya mal yang berlomba-lomba untuk menuju ke tahap modern, Pasar Baru masih terlihat mempertahankan eksistensi dan kesan kuno yang melekat sebagai salah satu bentuk dari ciri khas pasar rakyat yang masih bertahan hingga sekarang. Hal itu dapat kita lihat dari hal-hal yang cukup kecil contohnya, gapura yang menggawangi pintu depan dan pintu belakang pasar ini yang masih bertuliskan ejaan lama yakni Passer Baroe, hal ini tidak menyebabkan sebutan pada tempat ini berubah, masyarakat masih tetap menyebut tempat ini dengan nama Pasar Baru.

Sebelum kita masuk dan melihat apa saja sih toko-toko yang menjadi bagian dari pasar ini terlebih dahulu kita juga sedikit membahas bangunan-bangunan yang mengapit Pasar Baru ini yang tentunya tidak kalah bersejarahnya. Tepat pada pintu depan Pasar Baru terdapat Gedung Kesenian Jakarta dan Kantor Pos Pusat sementara di bagian belakang sebenarnya dulu sempat ada sebuah bangunan bioskop dekat Metro pasar Baru dan sekarang telah ditutup, dan ada pula Gereja Ayam yang cukup terkenal itu.

Layaknya sebagaimana tempat perbelanjaan tempat ini berisikan toko-toko yang mengisi satu kawasan perbelanjaan, toko-toko yang menjadi bagian penting dari Pasar Baru ini menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari mulai dari yang penting sampai yang kurang penting, dari mulai pakaian sampai dengan aksesoris. Di sini banyak terlihat toko yang menjual bahan-bahan berupa kain berbagai macam jenis dengan berbagai macam ukuran dapat di temui dengan mudah di sini.

Ada juga sepatu, sandal yang harganya cukup oke lho, dan bagi anda yang ingin menambah jumlah koleksi mata uang kuno dapat di jumpai pedagang uang kuno di sini yang dijajakan secara lapak, yang berjualan uang kuno ini rata-rata sudah berumur sama seperti uang-uang yang di jajakannya. Nah bagi yang gemar fotografi di lantai 2 bangunan Pasar Baru bagian belakang di jual juga kamera-kamera baru dan bekas, khusus pada bagian yang bekas tempat ini mempunyai kesan unik kerena kita dapat melihat jenis-jenis kamera dari yang masih kinetik sampai yang sudah menggunakan baterai sebagai penggeraknya.

Buat wanita yang ingin memperindah penampilannya di jual juga perlengkapan make up sampai tata rias yang bisa di katakana harganya lumayan murah terlihat dari banyaknya pelanggan yang mengantri sambil mengerumuni untuk membeli. Sementara untuk yang gemar berolahraga tempat ini juga akan mengakomodir hobi anda melalui toko alat-alat olahraga mulai dari olahraga jenis bulutangkis, tenis, bahkan golf tersedia peralatan-peralatannya di tempat ini.

Setelah lelah berkeliling memuaskan nafsu berbelanja jangan lupa untuk sekedar mengisi perut, di sini dapat ditemui banyak penjaja makanan kecil seperti jajanan pasar sampai makanan berupa tahu gejrot, somay, sate kikil dan masih banyak jenis makanan lainnya yang akan membuat anda sedikit bingung memilih nanti karena semua terlihat enak. Ada yang masih ingat dengan jenis jajanan yang satu ini, yakni jajanan pasar kerupuk mie kuning dengan tambahan sambal kacangnya, tentunya masih ingat kan, nah di sini anda dapat bernostalgia makanan tersebut. Setelah selesai mengenyangkan perut rasanya lengkap lah perjalanan hari ini berwisata belanja di Pasar baru yang menyenangkan.(Roy)

  • 01 Juli 2014 - 17:11:35 Wib
  • Dibaca : 1053
  • Foto : geDoor

TOP Artikel Selanjutnya

2. Bursa Buku Murah Blok M

ARTIKEL LAINNYA

SHARE