Register Login
Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak Kie

Kopi. Saat anda pertama kali mendengar kata kopi, apa yang terlintas di benak anda? Warnanya yang pekat menjadi teman di kala baca koran ataukah teman setia untuk mengobrol. Pastinya, bagi anda penikmat kopi, kopi menjadi elemen terpenting dalam hidup. Layaknya perangko yang nempel di amplop.

Kopi telah menjadi gaya hidup anak muda maupun orang tua. Kini, kedai kopi makin menjamur dari yang tradisional hingga modern dengan konsep kafe free wi fi atau gratis internet. Ada satu tempat kedai kopi yang unik dan menarik di bilangan Glodok, Jakarta Barat. Namanya, Kopi Es Tak Kie. Kedai kopi ini bukanlah kedai biasa pada umumnya seperti warung kopi (warkop) pinggir jalan atau kafe kopi elit. Kopi Es Tak Kie adalah kedai kopi yang masih terjaga keaslian jadulnya.

Baik dari kopi maupun bangunan kedainya. Ketika saya baru sampai di depan pintu masuk Kopi Es Tak Kie, seorang pelayan langsung menghampiri dan berkata, "Mau makan atau ngopi?" pertanyaannya sangat terburu-buru hingga membuat saya bingung. Batin saya, "nanya tapi kok buru-buru." Saya langsung mencari tempat duduk dan memesan kopi es 1, kopi susu es 1 dan cemilan mochi. Memang pesanan kopi es di atas yang lazim dan disukai oleh pengunjung yang datang. Tidak segan-segan, lokasi Kopi Es Tak Kie ini pernah menjadi tempat syuting dari film Dewi-Dewi yang dibintangi oleh Sandra Dewi.

Saat saya mengunjungi kedai kopi tersebut (25/07) suasana di luar terasa terik sekali. Matahari tepat berada di tengah bumi. Pukul 13:30 Wib, siang seperti ini paling enak dengan minum es. Apalagi menikmati kopi es yang maknyos banget! Suasana kedai kekeluargaan sekali, banyak dari warga keturunan Tionghoa bercengkrama dengan teman sejawatnya. Ada juga yang makan nasi campur Tak Kie. Sayangnya, Kopi Es Tak Kie hanya buka sampai pukul 14:00 Wib. Ketika saya datang pun, mereka bergegas membereskan kedainya. Tak Kie Kopi Es berada di kawasan Pecinan, Gang Gloria, Pancoran Mas Glodok, Jakarta Barat.

Sebelum mencapai lokasi, kita terlebih dahulu melewati lorong penjual makanan dan minuman tempo doeloe. Kedai ini berdiri sejak tahun 1928 ketika Indonesia masih dijajah Belanda. Hingga kini, Kopi Es Tak Kie tidak mengubah kedai, racikan resep dan kualitas kopinya. Artinya, Tak Kie telah berjalan selama turun temurun. Gimana dengan rasa Kopi Es Tak Kie yang tadi saya pesan? Penasaran dengan rasa kopinya? Kopi es Tak Kie berwarna hitam legit, rasanya pahit tapi cenderung manis dengan rasa asam yang segar sekali. Ketika sampai di tenggorokkan, hmmm rasanya panas langsung hilang dan adem! Anda bisa menikmati Kopi es-nya sampai tetes terakhir karena tidak ada ampas kopi di dalamnya. Sedangkan pesanan saya yang satunya lagi yaitu Kopi Susu Es Tak Kie, rasanya lebih manis karena terdapat campuran susunya.

Tampak luar memang biasa saja, dihidangkan dengan gelas besar berwarna bening. Tapi rasanya itu lho, gila langsung membuat segar dan nikmat sampai ke ubun-ubun kepala. Apalagi dengan ragam cemilan seperti kue mochi, brownies kecil, dan jajanan lainnya. Jika anda ingin menu porsi besar, di sini juga tersedia nasi campur, nasi tim, nasi hainam, bubur ayam, dan sebagainya. Bagi anda yang baru pertama ke Kopi Es Tak Kie, menu kopi jadulnya benar-benar akan membuat anda puas. Dijamin anda tidak akan menyesal mencicipinya. (Agnes)

  • 07 Juli 2014 - 13:39:25 Wib
  • Dibaca : 1207

TOP Artikel Selanjutnya

2. Kedai Kopi Doeloe

ARTIKEL LAINNYA

SHARE