Register Login
Pasar Kembang Rawa Belong

Pasar Kembang Rawa Belong

Jakarta memang tidak ada habisnya menawarkan tempat-tempat menarik yang manfaatnya sudah sangat nyata terasa bagi masyarakat yang tinggal dan hidup di dalamnya. Salah satu ukuran Kemenarikan kota dapat di pandang melalui sejarah berkembangnya masyarakat melalui kegiatan ekonominya, contoh tepatnya adalah pasar tematik yang ada di kota besar ini dan salah satunya adalah Pasar Kembang Rawa Belong yang berada di Jakarta Barat.

Namanya juga pasar kembang pasti yang di jual berkaitan dengan kembang atau tanaman hias yang banyak sekali jenisnya. Bagi yang mencari kembang untuk kebutuhan tertentu pasar ini siap melayani anda selama 24 jam nonstop, bisa di bayangkan di pasar ini aktifitas pedagang dan pembeli tidak akan pernah berhenti.

Para pedagang pasar menyiapkan dagangannya dalam dua versi yakni borongan dan satuan, terdapat macam-macam jenis kembang dijual di sini mulai dari bunga salju yang beraneka ragam warnanya, aster, garbera, krisan, lili. Untuk yang di jual borongan penjual akan mengikatnya dengan balutan Koran dalam satu wadah ember yang maksudnya memudahkan transaksi sehingga tidak berantakan dan mudah di bawa pulang. “Satu borongan bunga salju putih di bandrol kira-kira Rp 100.000, bukannya semua harga yang di tawarkan menggunakan perkiraan atau pakai ilmu kira-kira tetapi karena harga di sini selalu berubah dengan cepat, hari ini dengan besok bisa lebih mahal atau bisa juga lebih murah,” begitu kata Aldi salah satu pedagang kembang Pasar Rawa Belong.

Sementara untuk yang akan membeli satuan harga yang di tawarkan cukup terjangkau tergantung jenis bunganya, seperti bunga lili di bandrol satu potongnya Rp 5.000 saja. Pada lantai dua pasar kembang ini bukan menjajakan bunga seperti di lantai satu, melainkan lebih spesifik pada perangkaian bunga, jadi bagi anda yang ingin merangkai bunga untuk kebutuhan hiasan rumah ataupun pun pernikahan tempat ini sangat cocok dan pas untuk di kunjungi.

Bunga-bunga yang terlihat di pasar kembang ini banyak yang berasal dari daerah Jawa barat seperti Sukabumi dan Bandung, pemasoknya merupakan petani bunga langsung dari daerahnya masing-masing, misalnya di wilayah Bandung biasanya memasok untuk bunga-bunga saja, sementara dari wilayah Sukabumi lebih cenderung memasok kepada pedagang Rawa Belong ini berupa tanaman-tanaman hias seperti anthurium.

Nah sekarang kita mulai membicarakan tingkat kesegaran kembang, menurut pedagang kalau mau mendapatkan bunga atau kembang-kembang yang segar datanglah pada sekitar jam 3 subuh jangan pagi hari atau siang, karena puncak pengiriman bunga-bunga dari daerah asalnya terjadi pada waktu dini hari dan bisa dikatakan pada jam-jam tersebut kita dapat menemukan kembang-kembang dengan kualitas baik dan segar pastinya. (Roy)

  • 01 Juli 2014 - 15:31:21 Wib
  • Dibaca : 1052
  • Foto : geDoor

TOP Artikel Selanjutnya

2. Pasar Kembang Cikini

ARTIKEL LAINNYA

SHARE