Register Login

Museum Listrik dan Energi Baru

Jalan-jalan ke Museum Listrik dan Energi Baru di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memang mengasyikkan. Karena banyak ilmu pengetahuan yang ada. Sehingga dalam pengamatan selamadi sana, kekaguman akan ide dan kreativitas membanggakan muncul dengan sendirinya. Salah satunya kompor bertenaga surya serba guna. Dikatakan sebagai kompor tenaga surya, karena memiliki elemen yang dapat menghantarkan panas ke kompor. Panas yang ada terkumpul dan dapat dipergunakan untuk memasak. Kompor ini diciptakan oleh guru SD berasal dari Madiun. Adalah Minto. Pria asal Desa Mruwak Kecamatan Dagangan.

Kompor ini merupakan salah satu dari sekian banyak peragaan yang tersaji. Adapula rumah energi baru maupun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Dari sini, anda dapat melihat peragaan sederhana listrik dalam skala kecil. Alatnya menggunakan kincir angin. Konsep kerjanya adalah aliran air berasal dari sungai-sungai di pegunungan, perbukitan, dan danau yang dibendung. Kemudian air dialirkan melalui pipa pesat dan diarahkan ke kincir. Pergerakan kincir seperti ini dimanfaatkan untuk memutar generator.

Energi listrik pun muncul dan dapat dimanfaatkan oleh perumahan-perumahan di pedesaan atau daerah terpencil serta industri kecil yang dialirkan melalui menara transmisi. Bila anda membawa anak- anak di sini, tak perlu khawatir. Karena lokasi ini pun dilengkapi dengan tempat bermain. Jadi, bila capai, bisa duduk sebentar atau sambil mengawasi anak-anak anda yang mungkin sedang bermain. (Firman)



05 Desember 2011 - 18:14:57 WIB

Dibaca : 2077

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pesona Wisata Candi Di Kawasan Dieng Pesona Wisata Candi Di Kawasan Dieng
Rabu, 03 September 2014
Kubah Barat Kubah Barat
Kamis, 08 September 2011

SHARE