Register Login

Anugerah Bintang Luminar 2012

Jakarta, 9 Agustus 2012 - Anugerah Bintang Luminar, ajang apresiasi bagi para tokoh seni terdepan Indonesia yang memiliki komitmen, kontribusi, serta telah menginspirasi masyarakat di bidang seni, hiburan clan mode di tanah air sekali lagi mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengapresiasi bintang pilihannya. Kali ini caranya semakin mudah, yaitu melalui SMS Voting yang resmi dibuka pada 30 Juli 2012 ini. Artinya, semakin banyak cara bagi masyarakat untuk memilih bintang pilihannya, selain online voting melalui website http://www.bintangluminar.com/ yang juga sudah mulai dibuka sejak 18 Juli lalu. Proses voting sendiri akan berlangsung hingga 30 Agustus 2012 yang akan datang.

Proses voting ini dilakukan untuk memilih penerima Anugerah Bintang Luminar 2012 untuk kategori Bintang Favorit Pilihan Publik. Kategori Bintang Favorit Pilihan Publik ini akan melengkapi sembilan kategori lain yang direkomendasikan Komite Nominasi Anugerah Bintang Luminar 2012 yaitu: kategori Aktris Film/Televisi, AktorFilm/Televisi, Penyanyi Solo Wanita, Penyanyi Solo Pria, Penyanyi Duo/Group, Pembawa Acara Televisi Wanita, Pembawa Acara Televisi Pria, Perancang Mode dan Pengabdian Seumur Hidup.

"Kami ingin masyarakat dapat berpartisipasi seluas-luasnya dalam Anugerah Bintang Luminar, sehingga masyarakat dapat merasakan bahwa Anugerah ini adalah milik mereka clan bintang-bintang penerimanya adalah bintang-bintang yang memang patut diteladani dedikasi dan profesionalitasnya," ungkap Miranty Abidin, pendiri Yayasan Bintang Karya Cipta, penyelenggara Anugerah Bintang Luminar 2012.

Hal ini diperkuat juga oleh pernyataan Ketua Tim Komite Nominasi ABL 2012, Irma Hardisurya, "Bagaimanapun metode SMS masih merupakan cara yang paling mudah clan dapat menjangkau sebagian besar masyarakat Indonesia. Partisipasi masyarakat dalam pemberian ABL 2012 juga akan menjadi bentuk apresiasi yang spesial bagi para seniman yang direkomendasikan."

Proses voting sebenarnya sudah dimulai semenjak tanggal 18 Juli melalui website www.bintangluminar.com. Mulai 30 Juli ini, voting juga bisa dilakukan dengan cara mengirimkan sms yaitu mengetik ABL (spasi) Nomor Bintang ke 0816 1779 8865. Contoh: ABL 5 clan kirim ke 0816 1779 8865. Seluruh proses voting akan ditutup pada 30 Agustus 2012 yang akan datang. Semua pengguna ponsel dapat berperan serta dalam voting ini karena terbuka dan tersedia di seluruh layanan telekomunikasi baik GSM ataupun CDMA di Indonesia dengan harga tarif sms normal sesuai provider yang digunakan. Pihak penyelenggara pun menyediakan hadiah berupa tiket Garuda Indonesia Jakarta - Bali PP dan Voucher belanja Rp 2.000.000 untuk 20 pemenang apabila bintang pilihan mereka menjadi bintang favorit.

Ajang penghargaan Anugerah Bintang Luminar diadakan oleh Yayasan Bintang Karya Cipta, sebuah lembaga non profit yang memiliki kepedulian untuk mengangkat cipta, karya seni dan budaya, mempunyai gagasan untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang mempunyai komitmen, kontribusi dan menginspirasi banyak orang di bidang seni, hiburan dan mode Indonesia. Anugerah Bintang Luminar tercipta sebagai perwujudan gagasan Yayasan Bintang Karya Cipta tersebut. Kata Luminar itu sendiri merupakan terjemahan dari kata Luminary yang berarti seseorang yang telah mencapai kesuksesan di bidang yang ditekuninya clan telah menginspirasi banyak orang.

Yayasan Bintang Karya Cipta didirikan oleh Miranty Abidin, tokoh periklanan dan Kehumasan Indonesia clan Jopy Rusli. Untuk menentukan penerima anugerah ini, Yayasan Bintang Karya Cipta membentuk Komite Nominasi yang terdiri diri Mayong Suryolaksono, Bens Leo, Rosiana Silalahi, Jay Subyakto, clan Irma Hardisurya selaku Ketua Tim Komite Nominasi ABL 2012. Dalam Konferensi Pers Anugerah Bintang Luminar 2012 (ABL 2012) yang diadakan di Cafe Aria Jakarta Selasa 17 Juli lalu, Yayasan Bintang Karya Cipta secara resmi membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berpartisipasi clan mengapresiasi kiprah seniman-seniman terbesar Indonesia itu.

"Partisipasi masyarakat Indonesia dalam mengapresiasi tokoh seni pilihan mereka justru merupakan salah satu cara agar Anugerah Bintang Luminar ini mencapai sasarannya untuk menginspirasi generasi muda dengan hasil karya para bintang. SMS voting adalah cara yang sangat mudah untuk menunjukan apresiasi masyarakat", ungkap Mayong Suryolaksono, salah satu anggota Tim Komite Nominasi ABL 2012.

Mantan Penyiar TV yang juga duduk di Komite Nominasi 2012, Rosiana Silalahi menambahkan, "Proses voting melalui sms ini bukan bermaksud menjadikan ABL 2012 menjadi sebuah ajang kompetisi atau ajang popularitas. Tujuannya semata-mata agar publik dapat berinteraksi langsung dalam Anugerah Bintang Luminar clan melihat figur bintang yang paling menginspirasi."

Puncak Penerimaan trofi Anugerah Bintang Luminar 2012 akan dilaksanakan pada 14 September 2012 di Balai Kartini mendatang. Para penerima trofi kemudian akan mengukirkan nama clan cetak tangannya dalam sebuah 'Bintang Luminar' yang akan diabadikan di Avenue Of The Stars berlokasi di eXion Mall, Kemang Village, salah satu mall terbaru Lippo Malls di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, yang akan mulai beroperasi pada bulan September 2012.

Yayasan Bintang Karya Cipta sebagai lembaga non profit dapat menyelenggarakan acara Anugerah Bintang Luminar dengan banyak dukungan dari para sponsor yang telah memberikan dukungannya secara materil maupun non materil.

Tentang Yayasan Bintang Karya Cipta

Yayasan Bintang Karya Cipta merupakan badan non profit yang memiliki kepedulian untuk mengangkat cipta, karya seni clan budaya Indonesia menjadi suatu karya yang dapat memberikan inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan tekad mulia ini, Yayasan Bintang Karya Cipta berkomitmen untuk memberikan pagelaran yang memiliki potensi mahakarya demi mengangkat citra Indonesia.

Kontribusi awal ditunjukkan Yayasan Bintang Karya Cipta dengan mendukung penuh penyelenggaraan Anugerah Bintang Luminar. Berbeda dengan ajang penghargaan lain, Anugerah Bintang Luminar merupakan penghargaan atas apresiasi clan kontribusi insan seni clan mode Indonesia yang telah melahirkan karya-karya terbaiknya.

Ke depannya Yayasan Bintang Karya Cipta juga akan mendukung serta menghadirkan sejumlah karya lain yang akan meramaikan khasanah seni clan budaya di Indonesia. FACT SHEET ANUGERAH BINTANG LUMINAR

Misi Anugerah Bintang Luminar adalah sebuah ajang penghargaan independen dan memiliki kredibilitas yang diberikan kepada individu-individu unggulan Indonesia yang telah dikenal luas atas karya dan kontribusi mereka di bidang hiburan dan mode, dalam usaha memajukan industrinya dan membuat hasil karya dan pencapaiannya lebih dikenal secara umum oleh khalayak Indonesia.

Visi Menjadikan Anugerah Bintang Luminar sebagai acara tahunan merupakan visi dari komite pendiri. Harapannya adalah ajang penghargaan ini akan berkembang dan meluas seiring tahun berlalu dengan tujuan akhir mencapai tingkat yang sama dengan penghargaan bergengsi dunia.

Komite Nominasi & Kriteria Penjurian

Untuk menjaga kredibilitas Anugerah Bintang Luminar serta agar tidak dipengaruhi pihak manapun, proses nominasi dan pemilihan akan dilakukan oleh Komite Nominasi yang terdiri atas tokoh-tokoh terkemuka dan terhormat yang mewakili berbagai kategori penghargaan yang ada.

Anggota komite sendiri merupakan peraih penghargaan, individu yang disegani dalam industri dan telah memberikan kontribusi yang signifikan di bidangnya. Mereka merupakan pemimpin di bidang masing¬masing dan mempunyai hasrat menggebu untuk memajukan kancah hiburan dan mode Indonesia ke tingkap baru dan melestarikan seni yang dimiliki dengan memupuk generasi berikutnya.

Komite Nominasi akan memilih melalui proses penyaringan dan penjurian ketat untuk menghasilkan pemenang akhir untuk kategori-kategori berikut: 1. Bintang Luminar Aktris Film/Televisi - Wanita 2. Bintang Luminar Aktor Film/Televisi - Pria 3. Bintang Luminar Penyanyi Solo - Wanita 4. Bintang Luminar Penyanyi Solo - Pria 5. Bintang Luminar Penyanyi Duo/Band 6. Bintang Luminar Pembawa Acara Televisi - Wanita 7. Bintang Luminar Pembawa Acara Televisi - Pria 8. Bintang Luminar Perancang Mode 9. Bintang Luminar Pengabdian Seumur Hidup 10. Bintang Luminar Pilihan Masyarakat

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi: Mayana Budi Utami Ketua Yayasan Bintang Karya Cipta Email: mayana.ybkc@gmail.com (Roy)




02 Agustus 2012 - 15:17:37 WIB

Dibaca : 1015

SHARE