Register Login

Cacing Sutera dan Encu Komersial

Cacing Sutera Makanan Ikan

Cacing sutera (Tubifex), sering juga disebut cacing rambut atau cacing darah merupakan cacing kecil seukuran rambut berwarna kemerahan dengan panjang sekitar 1-3 cm, dengan tubuh berwarna merah kecoklatan dengan ruas-ruas. Cacing ini hidup dengan membentuk koloni di perairan jernih yang kaya bahan organik. Cacing rambut merupakan salah satu alternatif pakan alami yang dapat dipilih untuk memberi makan ikan yang anda pelihara, terutama pada saat fase larva hinggabenih ataupun untuk ikan hias anda karena memiliki kandungan nutrisi yang baik dan cenderung seimbang dan sangat bagus untuk pertumbuhan ikan. Di dalam tubuh cacing sutera terkandung kira-kira 57% protein dan 13% lemak, yang oleh karena itu merupakan pakan yang baik untuk ikan, tidak terkecuali ikan yang dipelihara manusia seperti lele atau ikan hias. Cacing sutera biasanya diperoleh dengan cara menambang/ mengambilnya dari sungai. Kegiatan penambangan ada yang dilakukan dengan cara menyelam. Apabila seorang penyelam menemukan koloni cacing sutera di dasar sungai, maka koloni cacing tersebut akan ditambang dari dasar sungai. Namun apabila penyelam tidak menemukan koloni cacing sutera di dasar sungai yang diselami, maka dia akan berpindah ke lokasi lain, yang jaraknya bisa beberapa kilometer dari lokasi semula.

Dengan mengkonsumsi cacing sutera ini ditambah dengan suplemen makanan ikan menjadikan ikan contohnya saja ikan cupang menjadi indah warnanya dan sehat. Manfaat cacing sutera untuk ikan cupang lumayan banyak diantaranya memperkokoh ekor dan membuat mental ikan cupang anda lebih berani. Maka dari itu cacing sutera selain bisa dikonsumsi juga sangat penting bila dijadikan makanan ikan cupang. Cacing ini hidup pada subtrat lumpur dengan kedalaman 0-4 cm. Seperti hewan air lain maka air memegang peranan penting buat kelangsungan hidup cacing ini. (Sumber : epetani.deptan)

Encu (Jentik Nyamuk) Jentik nyamuk mempunyai kadar protein tinggi bagi ikan contohnya saja cupang. Sebelum digunakan sebagai pakan ikan, jentik-jentik harus dibersihkan dahulu untuk menghindari bibit penyakit. Cara membersihkannya seperti membersihkan kutu air, yaitu memasukkan jentik ke dalam wadah berisi air yang sudah diendapkan dan sebaiknya dicampur sedikit methylene blue untuk membunuh bibit penyakit. Jentik nyamuk berukuran besar cocok untuk ikan cupang berumur empat bulan ke atas yang telah atau akan kawin karena dapat mempercepat proses kematangan telur. Sedangkan cupang yang berumur 2-4 bulan diberi jentik berukuran kecil. Jentik diberikan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari, sedikit demi sedikit agar tidak berlebihan. Jentik nyamuk sulit diperoleh di dataran rendah pada saat musim hujan serta di daerah dataran tinggi. Pada umumnya pembudidayaan cupang langsung mengambil jentik nyamuk dari perairan umum.

Cacing sutera dan encu ini banyak di jual di tempat-tempat penjualan ikan di Jakarta dengan harga yang terjangkau, sekedar info harga buat anda harga cacing rambut di pasar ikan Jatinegara hanya Rp 2.000 saja anda akan membawa pulang tiga bungkus cacing rambut. (Roy, gedoor.com)




05 September 2012 - 14:55:21 WIB

Dibaca : 4366

SHARE