Register Login
  1. Pementasan Teater Sambut Hari Jadi Ke-70 Putu Wijaya

    Pementasan Teater Sambut Hari Jadi Ke-70 Putu Wijaya Pementasan Teater Sambut Hari Jadi Ke-70 Putu Wijaya
  2. Putu Wijaya Gelar Pementasan Teater Sambut 70 Tahun Hari Jadinya

    Putu Wijaya Gelar Pementasan Teater Sambut 70 Tahun Hari Jadinya Putu Wijaya Gelar Pementasan Teater Sambut 70 Tahun Hari Jadinya

Pementasan Teater Sambut Hari Jadi Ke-70 Putu Wijaya

Sastrawan senior Putu Wijaya pada 11 April 2014 mendatang akan genap berusia 70 tahun.  Sejumlah acara dihelat untuk merayakan hari jadi pemilik nama lahir I Gusti Ngurah Putu Wijaya. Walaupun baru pulih dari sakit, Putu Wijaya sangat antusias menyambut perhelatan tersebut. Sastrawan serba bisa ini akan mementaskan 3 teater yangdiangkat dari naskah-naskah karyanya. 

Pementasan teater tersebut menjadi kado terindah buat Putu Wijaya. Ketiga judul yang akan dipentaskan adalah “Bila Malam Bertambah Malam”, “Hah”, “Jpret”. ‘Bila Malam Bertambah Malam" adalah karya Putu Wijaya pada saat berumur 20 tahun atau saat pria kelahiran Bali, 11 April 1944 itu masih berada di Yogyakarta. “Hah”, ditulis Putu Wijaya 27 tahun lalu, yang bercerita tentang kondisi kumuh masyarakat sehingga anak-anaknya dikaryakan secara tak senonoh dan dijauhi masyarakat, ketika ada kabar dia mendapat lotre 1 miliar, semua orang bersikap baik sama dia dan banyak orang bersedia jadi tim suksesnya untuk jadi lurah.

Sementara pertunjukan teater bertajuk "Jpret" adalah karya Putu Wijaya yang ditulisnya 5 tahun lalu. Bercerita tentang pemilihan umum dan dikaitkan dengan kondisi politik aktual di tanah air, yang dimana banyak caleg-caleg menyebar fotonya hingga membuat jalanan kota kumuh. Dan itu terjadi bukan hanya di Jakarta tapi juga di daerah-daerah. Pertunjukan teater ini akan dilakukan selama 3 hari berturut-turut mulai 11, 12, 13 April 2014 mendatang pada pukul 20.00 Wib di Gedung Pertunjukan Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

Menurut Gandung Bondowoso, sebagai pimpinan produksi, pertunjukan teater yang digelar oleh Teater Mandiri ini pertama kalinya dalam sejarah teater modern. "Ini luar biasa. Belum pernah ada grup teater yang dalam waktu 3 hari berturut-turut mementaskan judul yang berbeda-beda, Ini butuh perjuangan keras," ungkap Gandung. Selain pertunjukan teater, ada berbagai acara yang diselenggarakan dalam menyambut 70 tahun Putu Wijaya, antara lain tanggal 1-2 April 2014 ada lomba baca puisi yang bertempat di Galeri Indonesia Kaya, Mal Grand Indonesia yang dimulai pukul 10.00 Wib. 

Pada tanggal 3-12 April 2014 Putu Wijaya akan memamerkan lukisannya yang bertempat di Bentara Budaya Jakarta. Tanggal 3-4 April 2014 akan ada Lomba Monolog yang bertempat di Galeri Indonesia Kaya. Lalu pada 8 April 2014 akan ada pertunjukan Lokakarya Teater yang bertempat di Teater Salihara. (Angga W/gedoor)



27 Maret 2014 - 15:38:10 WIB
Foto : Angga W/gedoor
Dibaca : 1509

SHARE