Register Login

Batik Semar

Tahukah anda tokoh panakawan paling utama dalam pewayangan Jawa dan Sunda? Ia berbadan gemuk dan merupakan gambaran perpaduan rakyat kecil sekaligus dewa kahyangan? Ia selalu mendengarkan suara rakyat kecil yang seperti suara Tuhan. Artinya, negara yang dipimpinnya pasti menjadi negara makmur dan sentosa.

Ia adalah Semar. Nama Semar inilah yang diambiloleh keluarga Kasigit pada 1947 dan mengembangkan usaha batik sebagai warisan budaya bangsa. Ide luhur ini menyemangati keluarganya dalam usaha batik dan telah berjalan selama 64 tahun. Atas dasar ini, keluarga Kasigit menamakan usahanya dengan Semar. Semar dalam versi Batik Semar berarti S; sarwi atau bersama-sama, E; ening atau suci bersih, M; marsudi atau berusaha tanpa putus asa, A; ajuning atau perkembangan, R; rasa atau seni.

Arti secara keseluruhan adalah dengan niat yang tulus, secara berkesinambungan berusaha terus untuk mengembangkan produk batik. Kantor Semar berpusat di Solo, Indonesia. Sedangkan kantor pusat Jakarta terletak di Jalan Tomang Raya. Arsitektur bangunan butik di Jakarta masih memegang unsur tradisional Jawa. Bangunan terdiri dari dua, lantai pertama yaitu ruang galeri koleksi Batik Semar dan ruang penyimpanan kain-kain sutra. Lantai kedua adalah ruang pertemuan.

Jika anda mempertanyakan apa sih khas dari Batik Semar? Maka, jawaban sederhananya terletak pada corak batiknya. Batik Semar tidak hanya memproduksi corak batik asal Solo saja tapi juga corak batik Bledakan (Jogja), Pekalongan, Cirebonan, Laseman. Meski Semar hanya memiliki satu warna fokus saja, tapi nggak membuat Semar kalah pamor dibandingkan dengan merk maupun kualitas lainnya. Nyatanya, hingga kini Semar masih kokoh berdiri dan akan melancarkan sayapnya dengan motif-motif kontemporer sehingga dapat diterima lagi oleh masyarakat luas. Jika anda berada di Solo, alangkah baiknya segera langsung datang ke galeri yang berada di Solo.

Tapi, jika anda berada di Jakarta nggak usah khawatir kok, Batik Semar telah membuka banyak cabang di Jakarta. Selain di Tomang, ia berada di Manggarai, Sarinah, Pasaraya Grande Blok M, dan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Untuk di daerah luar Jakarta, ada juga di Bandung, Bogor, Cirebon, Balikpapan, Palembang, Surabaya, Pontianak, Medan, dan Banjarmasin. So, tunggu apa lagi segera ke Batik Semar yuk. Banyak cabangnya, banyak koleksinya, banyak juga lho diskonnya. (Agnes)




06 Juli 2011 - 14:28:28 WIB

Dibaca : 1988

SHARE