Register Login

Lukisan-Lukisan Basoeki Abdullah

Koleksi lukisan-lukisan Basoeki Abdullah khusus berada di lantai dua. Basoeki Abdullah mempunyai empat tema yaitu tema pemandangan alam, tema manusia, potret dan model, serta tema abstrak. Empat tema tersebut terdiri dari empat ruanganberbeda. Dari tangga bawah, sudah bisa terlihat lukisan Wanita Duduk di atas Singa.

Lukisan yang menggambarkan singa yang besar dan di atasnya terdapat wanita berambut panjang memakai baju rimba duduk di atasnya. Selanjutnya, beloklah ke arah kiri. Di sana, terdapat lukisan-lukisan dengan tema potret maupun model dari tokoh-tokoh petinggi dunia, seperti Raja Thailand, Raja Arab dan wanita-wanita cantik lainnya yang terkenal di dunia, contohnya Ratu Kecantikan Venezuela. Ke ruangan tengah, terdapat lukisan-lukisan dengan tema pemandangan alam. Seperti dua lukisan yang memiliki kesamaan pemandangan, yaitu berada di padang pasir.

Beberapa orang penziarah menggunakan onta dan sedang melintasi pegunungan padang pasir dengan tebing terjal. Masih dalam ruangan yang sama, mengarah kepada lukisan dengan aliran impressionisme dan abstrak. Lukisan ini menggunakan daya imaji dari pelukis dan tidak bisa ditafsirkan secara harfiah. Seperti lukisan yang berjudul “Komposisi.” Lukisan tersebut hanya menggoreskan garis-garis imajiner hingga membentuk satu bentuk, bentuk tersebut tergantung kepada imaji dari setiap pikiran.

Ketika saya memandangnya, saya berpikir bahwa itu adalah bentuk binatang. Mengapa Basoeki Abdullah disebut sebagai maestro Realis Naturalis? Ia terkenal akan daya imajinasinya tentang segala sesuatu yang terjadi di sekitar dan dituangkan dengan apa adanya, meski ada beberapa lukisan yang beraliran abstrak. Namun, Basoeki disebut sebagai sang maestro realis naturalis. Nggak percaya? Silahkan saja kunjungi Museum Basoeki Abdullah di kediamannya yang teduh dan tafsirkan lukisannya menurut persepsi anda masing-masing. (Agnes)



09 Agustus 2011 - 17:21:13 WIB

Dibaca : 1613

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Bursa Lukisan Bursa Lukisan
Selasa, 31 Januari 2012
Museum Galeri Nasional Museum Galeri Nasional
Rabu, 07 Desember 2011

SHARE