Register Login

Museum Nasional (Rumah Adat)

Di sudut ruangan berbeda saya melihat sejumlah bangunan kecil. Tertata dengan rapih dan berjajar membentuk sederatan panjang yang membentang. Dapat disebut juga mini bangunan. Menarik untuk diamati dan dipelajari bagi pengunjung. Karena memiliki sisi estetika. Dan ini merupakansalah satu kebudayaan bangsa yang mesti dilestarikan. Supaya generasi di masa mendatang dapat mengenal kebudayaan yang besar. Bangunan yang dimaksud adalah miniatur rumah adat dari berbagai daerah. Sungguh kaya Indonesia ini.

Dengan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan tradisi, masyarakat Indonesia akan mengerti dan menjaga serta melestarikan kekayaan bangsa. Hanya seperti ini cara masyarakat bangsa menghargai dan berupaya untuk melanjutkan perjuangan. Saya pun terkagum-kagum dalam mengamati bentuk dan arsitektur yang dibuat. Serasa ingin berpose di depan rumah adat tersebut. Tak sedikit pengunjung yang juga mengabadikan. Kunjungan ke lokasi Museum Nasional memang meninggalkan kesan di masing-masing orang.

Bila diperhatikan secara seksama, miniatur bangunan yang terbuat dari bambu tergolong kuat. Tak salah lagi, mengingat zaman dulu, masyarakat belum mengenal bangunan yang berbahan bata merah dicampur semen. Walau hanya bambu, disusun dan dikaitkan satu dengan lainnya hingga menjadi kuat menjadi salah satu alasan bangunan menjadi kekar. Misalnya, bentuk rumah adat Kalimantan dan rumah adat Batak Toba, Sumatera Utara. Unik dan khas dalam bentuknya.

Membuat pengunjung tak habis-habisnya berpikir tentang keahlian orang-orang di zaman dahulu dalam membuat tempat tinggal. Dirasa sangat keras dan butuh perjuangan besar dalam menjalani hidup. (Firman)

Museum Nasional (Gajah) Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12
Telepon (021) 3868 172 Fax (021) 344 7778
Buka Selasa hingga Jumat 09:00 Wib sampai 16:00 Wib dan Sabtu serta Minggu 09:00 Wib sampai 17:00 Wib
Harga tiket: Dewasa Rp. 5.000,- Anak-anak Rp. 2.000,-



15 Agustus 2011 - 14:22:16 WIB

Dibaca : 2199

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Museum Taman Prasasti (Saksi Bisu) Museum Taman Prasasti (Saksi Bisu)
Senin, 22 Agustus 2011
Museum Reksa Artha Museum Reksa Artha
Rabu, 10 Agustus 2011
Museum Tanah Museum Tanah
Kamis, 22 Mei 2014
Museum Transportasi Udara Museum Transportasi Udara
Kamis, 08 September 2011

SHARE