Register Login
  1. Pasar Tanah Abang

    Pasar Tanah Abang Pasar Tanah Abang
  2. Pasar Tanah Abang

    Pasar Tanah Abang Pasar Tanah Abang
  3. Pasar Tanah Abang

    Pasar Tanah Abang Pasar Tanah Abang
  4. Pasar Tanah Abang

    Pasar Tanah Abang Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang

Selama bulan ramadhan tempat yang tadinya tidak menjual suatu jenis barang, kini mulai marak menjajakan barang dagangan tertentu dari mulai makanan sampai kebutuhan busana muslim kalau masyarakat Jakarta menyebut tempat seperti ini “Pasar Kaget”, tidak usah jauh-jauh mengambil contoh lihatlah apa yang terjadi di Tanah Abang tiba-tiba banyak pedagang di sepanjang Jl. KH. Mas Mansyur Tanah Abang yang menjajakan penganan khas dari timur tengah yakni kurma.

Memang meskipun bukan pada bulan ramadhan saja ada penjual yang menjual aneka jenis kurma, di Tanah Abang ini memang ada yang secara khusus dan rutin menjualnya, tapi memasuki bulan puasa akan nampak banyak pedagang dadakan yang ikut mencari berkah keuntungan di bulan suci ini. Sebenarnya banyak pedagang yang berjualan kurma di sini tadinya adalah merupakan pedagang pakaian namun hanya selama ramadhan saja mereka akan berdagang kurma.

Selama bulan ramadhan memang berjualan penganan khas bulan puasa tentunya lebih mendatangkan keuntungan maka itu mereka lebih memilih berdagang kurma atau takjil berbuka puasa. Akhirnya dengan tempat apa adanya hanya menggunakan atap terpal mereka menjajakan kurma di tepi jalan, di tempat ini kita akan menemukan berbagai macam jenis kurma mulai dari kurma nabi, Madinah, Madinah super, nagal, Mesir, mabrum, Tunisia, bahkan ada juga kurma yang berasal dari California, Amerika Serikat, lengkap di jajakan.

Kalau bicara mana kurma yang banyak menjadi pilihan atau favorit pembeli kata salah satu pedagang sih relatif soalnya harga kurma kan berbeda satu dengan jenis kurma lainnya. Misalnya saja kurma Madinah yang lumayan cukup banyak di pilih pembeli sekarang ini satu kilonya Rp 35.000 sementara untuk kurma yang paling mahal adalah jenis kurma yang terbilang unggulan no 1 yakni kurma nabi yang bisa seharga Rp 375.000-Rp 400.000 perkilonya. Kalau mau kurma Tunisia juga ada yang telah di bungkus dalam box yang rata-rata seharga Rp15.000-Rp 20.000, para pedagang kurma Tanah Abang ini mendapatkan pasokan kurma dari distributor yang mereka kenal karena kebanyakan kurma yang di jual di sini didatangkan secara import dari arab langsung.

Di tempat ini juga tidak hanya menjual kurma saja melainkan kacang-kacangan dari Arab dan manisan kering seperti kismis dan juga tak ketinggalan air zam-zam juga ada. Tapi kalau mau mencari aneka teko cantik berwarna emas dan perak mirip yang sering di bawa sebagai buah tangan sepulang orang beribadah haji di sini pedagang juga menyediakannya, tak lupa juga beragam macam tasbih dan macam-macam peci serta mukena juga terlihat menyemarakan pasar kaget ini. Biarpun cuaca panas terik dan ditambah dengan asap knalpot yang menyelimuti udara sekitar tetap tidak membuat orang mengurungkan niat untuk berbelanja di salah satu lokasi berbelanja paling kesohor di Jakarta. (Roy)



04 Agustus 2011 - 18:51:52 WIB
Foto : Roy / GeDoor.com
Dibaca : 2047
  • Jl. KH. Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat
  • Hanya Selama Ramadhan, 08:00-20:00 WIB
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Pasar Pagi Glodok Pasar Pagi Glodok
Selasa, 07 Februari 2012
LOTTE Mart LOTTE Mart
Senin, 06 Juni 2011
Toko Bunga Pondok Gede Toko Bunga Pondok Gede
Selasa, 14 Februari 2012

SHARE