Register Login

Setu Babakan

Mari kita sejenak menghilang dari ramainya Jakarta, polusi yang nggak karuan, macet sepanjang jalan kenangan, dan bisingnya sirine kendaraan. Mampirlah ke kawasan Jakarta Selatan, satu-satunya daerah yang masih asri dan belum 100% tercemar oleh ganasnya polusi udara Jakarta. Ada satu tempat lokasi wisata yang nyaman, menyejukkan, dan murah meriah yaitu Setu Babakan.

Setu Babakan sebagai danau tempat menampungnya air di daerah Jakarta Selatan sekaligus sebagai tempat rekreasi gratis.Situ yang berarti 'danau' telah ada sejak Oktober 2000. Sepanjang perjalanannya, Setu Babakan menjadi konservasi daerah Betawi yang masih dijaga keasliannya hingga kini. Semuanya serba Betawi, dari arsitektur setiap bangunan atau rumah yang ada di Jalan Situ Babakan, makanan yang dijual, hingga logat Betawi pedagang di sana. Semuanya masih kental dengan ke-Betawi-annya.

Ketika anda, mulai memasuki kawasan ini udara sepoi-sepoi mulai menghampiri. Disambut dengan gapura besar bertuliskan "Pintu Masuk I Bang Pitung Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan." Luas keseluruhan mencapai 280 hektar. Daerah Srengseng Sawah ini tidak secara langsung dipilih menjadi perkampungan Betawi. Semua melalui berbagai proses musyawarah. Setelah dikumpulkan beberapa pilihan dari berbagai wilayah di Jakarta seperti Rorotan, Kemayoran Srengseng Jakarta Barat, dan Condet. Akhirnya lewat sarasehan, seminar dan lokakarya maka dipilihlah Srengseng Sawah lewat SK Gubernur No. 9 tahun 2000. Untuk mencapai lokasinya pun mudah.

Dari Blok M kita bisa menggunakan angkutan umum metromini 616 jurusan Blok M-Pasar Minggu-Cipedak. Jika dari Depok anda bisa juga naik angkutan umum (angkot) 128 berwarna biru tua. Wisata di sini nggak perlu bayar. Jika ingin hemat dan bersifat kekeluargaan, datanglah dengan membawa rombongan keluarga dan tikat beserta bekal piknik untuk dimakan di sana. Jika ingin icip-icip warung-warung yang berjejer di sana, anda tidak usah kuatir kelaparan atau makanannya nggak enak. Di sana, makanan yang dijual masih asli makanan Betawi seperti laksa, toge goreng, soto Betawi, dodol, dan sebagainya. Fasilitas rekreasi yang disediakan di sini, di antaranya wahana sepeda air.

Sepeda air bisa anda rasakan pada jam-jam tertentu saja, ketika matahari tidak berada di atas kepala yaitu pada pagi dan sore hari. Pada jam-jam tersebut, banyaknya antrian yang ingin menaiki sepeda air. Pengelola Setu Babakan Jakarta Selatan juga menyediakan acara-acara khas Betawi pada hari-hari tertentu. Biasanya setiap hari Minggu pukul 14:00-17:00 Wib, mereka selalu menampilkan kesenian khas Betawi seperti gambang kromong dan lenong Betawi.Untuk latihan tarian Betawi pada Minggu, Jumat pagi dan Rabu sore. Anda bisa merasakan wisata budaya, wisata air dan tentu saja wisata kuliner maknyoss khas Betawi asli. Tertarik untuk berkunjung? Tunggu apa lagi. Setu Babakan bisa menjadi referensi utama anda bagi yang berada di daerah Jakarta Selatan dan sekitarnya. (Agnes)



11 Agustus 2011 - 17:11:44 WIB

Dibaca : 2320

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Makam Raden Saleh Syarif  Bustaman Makam Raden Saleh Syarif Bustaman
Rabu, 04 April 2012
Museum Galeri Nasional Museum Galeri Nasional
Rabu, 07 Desember 2011

SHARE