Register Login

Museum Penerangan

Sebagai salah satu objek informasi, keberadaan penerangan menjadi sangat penting. Dengan penerangan inilah, masyarakat mampu memperoleh informasi yang sempurna dan terbaik guna masa depan mereka. Bila hal ini dapat terlaksana dengan baik, maka pola pikir masyarakat ke depan lebih maju dan berkembangbaik. Untuk itu, hadirnya Museum Penerangan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi penting.

Museum yang menjadi pusat kebudayaan, informasi, pendidikan, dan rekreasi ini sangat membantu masyarakat dalam memperoleh gambaran seputar penerangan masyarakat.
Yuk, jangan berlama-lama saatnya saya masuk ke dalam lingkungan Museum Penerangan. Di sisi kiri museum terdapat mobil bertuliskan Mobil Televisi Indonesia. Berjajar pula mobil-mobil lainnya. Dan ini menjadi salah satu mobil yang digunakan saat operasional penyampaian penerangan kepada masyarakat. Memang keberadaan museum ini dapat memberikan gambaran tentang kehidupan bangsa dan negara Indonesia yang berkaitan dengan kegiatan penerangan.

Dengan pengetahuan itulah, masyarakat dapat memahami dan mengerti sesuatu yang belum didapatkan. Sebagai salah satu contoh alat penerangan yang digunakan era Soeharto melalui Kelompencapir. Ini bisa disebut juga sebagai lembaga masyarakat yang hidup, tumbuh dan berkembang. Melalui kelompencapir warga dapat memperoleh informasi atau penerangan dari siaran radio, televisi atau membaca koran. Mengingat penerangan melalui kelompencapir ini diperlukan dan tumbuh aktif bersama masyarakat, maka di kala itu, Soeharto juga memberikan piagam untuk kategori terbaik tingkat nasional di Tapos, Depok, Jawa Barat. Ini sudah sesuai dengan falsafah penerangan yang tertulisa di sana, yakni penyampaian kebenaran.

Oleh sebab itu, dapat dikatakan kalau penerangan harus jujur dan terbuka. Penerangan yang diselewengkan dapat mengakibatkan malapetaka bagi umat manusia. Di Museum Penerangan ini pula kita disajikan berbagai peristiwa lainnya, seperti saat swasembada pangan kepada petani. Juga beraneka foto kegiatan terkait penerangan dan peralatan yang mendukung dalam memperlancar kegiatan penerangan. (Firman)



08 September 2011 - 14:05:32 WIB

Dibaca : 2357

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Museum Penerangan ke-1  (TMII) Museum Penerangan ke-1 (TMII)
Kamis, 18 Agustus 2011
Museum Taman Prasasti (Saksi Bisu) Museum Taman Prasasti (Saksi Bisu)
Senin, 22 Agustus 2011
Museum Sejarah Jakarta Museum Sejarah Jakarta
Jumat, 12 Agustus 2011
Museum Penerangan ke-2 (TMII) Museum Penerangan ke-2 (TMII)
Senin, 22 Agustus 2011

SHARE