Register Login

Pasar Burung Jatinegara

Pasar burung yang satu ini ramainya bukan main apalagi di hari libur buat jalan saja sulit, biarpun secara ukuran masih kalah jauh dengan Pasar Burung di Pramuka tetapi geliatnya cukup dapat diperhitungkan sebagai salah satu tempat untuk mencari burung peliharaan yang digemari.

Pasar Burung Jatinegara ini sudah ada sejak tahun 60 an, pada saat itu pasar ini didominasi oleh pedagang-pedagangyang menjual aneka burung merpati atau burung dara serta burung jenis lainnya, banyak yang tidak tahu bahwa pasar ini adalah pasar burung karena pedagang binatang jenis lain ikut mengisi pasar ini antara lain para pedagang ikan hias dan pedagang hewan yang bisa dikatakan cukup langka.

Pedagang-pedagang ini mendompleng keberadaan pasar burung yang telah lebih dahulu berada di sini apalagi mereka berada persis di bagian depan pasar yang membuat image pasar burung menjadi tidak dominan terlihat. Kira-kira ada sekitar seratusan pedagang burung di sini yang membuka lapaknya semejak matahari baru bersinar, “jadi kalau mau ke sini pagi-pagi lebih enak biasanya harganya lebih dimurahkan buat penglaris mas,” kata salah satu pedagang.

Untuk dapat sampai kelokasi tempat ini kita perlu berjalan masuk ke bagian dalam pasar maklum tempatnya berada di bagian tengah hingga ke bagian belakang yang sebenarnya sudah masuk ke area pemukiman warga sekitar. Sepengetahuan saya ketika berada di sana banyak juga burung yang bisa dikatakan burung mahal atau biasa dibilang kelas burung ocehan oleh pedagang, macam-macam burung juga ada seperti salah satu yang dimiliki oleh tetangga saya yakni burung nuri, foksay, beo, perkutu Jawa, dan lebih banyak lagi penjual burung dara di tempat ini.

Tidak hanya menjual aneka burung pasar ini juga menawarkan jenis-jenis sangkar burung berbagai ukuran dan tipe ada yang biasa maupun dari bambu atau kayu dan ada juga yang dari besi, bagi yang ingin mempunyai kandang atau sangkar burung sesuai dengan keinginan sendiri dapat memesannya langsung di tempat ini. Tak lupa juga aneka pakan juga dijajakan yang berupa olahan atau pakan burung jenis buah atau serangga maupun ulat pun ada di sini.

Masalah harga tempat ini hampir rata-rata sama dengan Pasar Burung Pramuka, atau bahkan lebih murah karena menjaga persaingan antar penjual burung. Tips berbelanja di pasar ini sebetulnya simple saja yakni pilih binatang atau burung yang tidak sakit, kalau anda salah satu penggemar burung pasti sudah tidak asing dengan burung-burung yang bermasalah dengan kesehatannya, dan saran selanjutnya jaga barang bawaan anda baik-baik sebelum nantinya dapat berpindah tangan.(Roy, gedoor.com)



07 September 2011 - 13:51:35 WIB
Foto : Roy, Gedoor.com
Dibaca : 6537

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Carrefour Carrefour
Senin, 06 Juni 2011
Giant Giant
Senin, 06 Juni 2011
Membeli Koper Di Jl. Surabaya Membeli Koper Di Jl. Surabaya
Jumat, 09 Maret 2012

SHARE