Register Login

Pasar Hewan Langka Jatinegara

Siang hari menjelang sore ketika melewati daerah Bali Mester Jatinegara seperti biasanya macet menunda perjalanan, memang di daerah ini tingkat kemacetannya cukup parah ditambah lagi di sini terdapat pasar tumpah yang menjual berbagai macam barang. Tapi yang paling menarik adalah di sela-sela kemacetan saya melihat pemandangan yang cukup unik yakni pedagang yang menjual macam-macam jenis hewan peliharan, ada yang lazim dipelihara ada juga yang temasukjenis hewan langka dan bisa dikatakan dilindungi seperti burung hantu, kuskus, monyet, lutung, ular, burung elang, kucing hutan.

Memang ada juga hewan peliharaan yang dijual oleh pedagang seperti kelinci, hamster, kura-kura sampai kucing jenis anggora pun terlihat ikut ditawarkan. Kebanyakan hewan-hewan yang tidak biasa dipelihara ini dijual secara tidak resmi karena hampir semua hewan di sini bisa dikatakan illegal jadi tidak memiliki surat-surat, pedagang pun tidak lagi sembunyi-sembunyi dalam memasarkan barang dagangannya ini karena menurut mereka hal ini merupakan sesuatu yang lumrah terjadi apalagi kegiatan perdagangan di tempat ini sudah berjalan sejak lama.

Memang menurut penjaja rokok yang tiap harinya berkutat di sini, sering juga terjadi pemeriksaan oleh pemerintah atau polisi kehutanan karena di sini dijual hewan-hewan yang dilindungi, tapi sering bocor terlebih dahulu sehingga menjadi tidak efektif. Pasar hewan langka ini tidak memiliki tempat layaknya pasar lainnya, karena tempat ini berdiri menumpang pada pasar utama yakni Pasar Burung Jatinegara. Memang warga Jakarta mengenal tempat ini sebagai pasar burung namun kenyataannya banyak juga pedagang yang menjual ikan hias dan hewan langka di tempat ini.

Bagi anda yang tertarik untuk membeli hewan langka di tempat ini harga yang ditawarkan tidak pasti nominalnya tergantung dari jenis hewan itu berasal dan semakin langka semakin mahal harganya, ya dari pada membeli di toko penjualan hewan peliharaan sudah pasti lebih mahal kan tentunya. Untuk itu kita sebagai calon pembeli di anjurkan harus jeli dan selalu selektif memilih hewan yang akan dipilih karena tidak semua hewan yang dijual di tempat ini berada dalam keadaan sehat. Pilihlah hewan yang aktif, agresif, jangan memilih yang terlihat sedang lemas karena hewan itu berpotensi sedang sakit.

Jujur saja saya baru pertama kali ini melihat langsung hewan yang bernama kuskus ya di tempat jadi saya sempat memarkirkan motor untuk sekedar melihat lebih jelas hewan yang satu ini, tapi terlihat hewan itu masih kecil waktu di tangkap, pertanyaan yang ada di kepala saya waktu itu apakah hewan-hewan ini akan dapat beradaptasi dengan lingkungan seperti ini kerena habitat mereka kan pastinya di hutan, wah jadi menggelengkan kepala waktu melihat nasib hewan-hewan itu yang berada bukan di tempat seharusnya mereka berada.(Roy, gedoor.com)



07 September 2011 - 11:19:55 WIB
Foto : Roy
Dibaca : 14667

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Lapak Duren Kalibata Lapak Duren Kalibata
Senin, 12 Maret 2012
Carrefour Carrefour
Senin, 06 Juni 2011
Bursa Buku Murah Blok M Bursa Buku Murah Blok M
Rabu, 07 Maret 2012
Berburu Karpet Di Tanah Abang Berburu Karpet Di Tanah Abang
Kamis, 07 Januari 2016
Tanaman Hias Jl. TB. Simatupang Tanaman Hias Jl. TB. Simatupang
Selasa, 15 Mei 2012

SHARE