Register Login

Panjat Tebing

Kegiatan yang dinamakan panjat memanjat sesungguhnya sudah dipraktekan secara tidak langsung oleh nenek moyang kita dulu, karena banyak aktifitas di jaman tersebut memerlukan keahlian dalam urusan memanjat. Seiring bertambahnya kemampuan serta pemikiran yangsemakin maju manusia mulai memperggunakan kegiatan ini sebagai penantang adrenalin serta menciptakan sebuah kepuasan tersendiri.

Panjat tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olah raga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya. Pada umumnya panjat tebing dilakukan pada daerah yang berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45°  dan mempunyai tingkat kesulitan tertentu.

Olahraga panjat tebing adalah suatu olahraga yang mengutamakan kelenturan, kekuatan/ daya tahan tubuh, kecerdikan, kerja sama tim serta ketrampilan dan pengalaman setiap individu untuk menyiasati tebing itu sendiri. Dalam menambah ketinggian dengan memanfaatkan cacat batuan maupun rekahan/ celah yang terdapat di tebing tersebut serta pemanfaatan peralatan yang efektif dan efisien untuk mencapai puncak pemanjatan. Olahraga ekstrim yang satu ini gaungnya belum begitu terasa di Indonesia namun banyak juga komunitas yang menjadi penggemar dari olahraga ini, sebab Indonesia memiliki sarana yang cukup mumpuni dalam hal medan sebagai sarana penunjang seperti tebing-tebing.

Memang kurang berminatnya masyarakat yang menyukai olahraga ini bisa juga dikarenakan oleh tingkat resiko yang ditimbulkan oleh olahraga ini, karena resiko yang begitu tinggi menyebabkan bagi mereka yang menggemari olahraga ini membutuhkan banyak latihan sebelum memanjat sebuah tebing. Mungkin sebelum mencoba sebuah tebing batu untuk dipanjat bagi pemula bisa memanfaatkan papan panjat buatan (Wall Climbing) yang didesain mirip tebing. (Roy)



24 Oktober 2011 - 15:32:37 WIB

Dibaca : 3496

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Mountain Biking Mountain Biking
Senin, 24 Oktober 2011
Base Jumping Base Jumping
Rabu, 28 September 2011

SHARE