Register Login

Hafalan Shalat Delisa

"Delisa cinta Ummi karena Allah," ujar Delisa ketika ia mengetahui ketiga kakak terenggut nyawanya oleh tsunami dan ibunya yang entah di mana. Tokoh utama dalam film ini adalah Delisa (Chantiq Schager), seorang gadis cilik berusia enam tahun. Ketiga kakaknya adalah Cut Fatimah (Ghina Salsabila), Cut Aisyah (Reska Tania Apriadi), dan Cut Zahra (Riska Tania Apriadi). Sedangkan peran Ummi diperankan oleh Nirina Zubir.

Delisa tinggaldi Lhok Nga, desa kecil di pantai Aceh. Ia adalah anak bungsu dari keluarga Abi Usman (Reza Rahadian) yang berprofesi di kapal tanker perusahaan minyak internasional. Pada suatu hari, Delisa mendapatkan tugas dari gurunya, Ibu Guru Nur, untuk menghafal bacaan shalat. Ummi Delisa memberikan motivasi sekaligus imbalan hadiah kalung jika ia berhasil untuk menghafal bacaan shalat tersebut. Kalung berinisial 'D'yang dibeli Umminya di toko Koh Acan.

Tekadnya yang kuat dibantu oleh kakak-kakanya serta Pak ustadz Rahman, guru TPA Delisa. Ia bertekad harus lancar saat praktik bacaan shalat di depan Ibu Guru Nur dan teman-temannya. Shalat yang sempurna baginya untuk pertama kali. Hari itu, 26 Desember 2004, ketika Delisa mempraktikkan bacaan shalatnya di depan kelas, gempa dan tsunami melanda bumi Aceh. Lalu, keadaan berubah menjadi kecemasan. Ketika ia sedang melakukan sujud pertamanya, Delisa roboh dan hanyut oleh terjangan air laut yang sangat kuat. 26 Desember 2004 adalah hari di mana pantai yang berada di Asia Tenggara serta Aceh rusak parah diterjang tsunami, ribuan orang meninggal dunia, mayat bertebaran di mana-mana, serta banyak juga yang hilang entah ke mana.

Delisa diselematkan oleh Prajurit Smith, setelah ia berhari-hari pingsan di cadas bukit. Sayangnya, kaki kanan Delisa harus diamputasi. Di tengah penderitaannya, Delisa ditemukan oleh Abi Usman. Delisa adalah salah satu contoh manusia di tengah penderitaan dan ia bisa bangkit dari keterpurukan. Ia belajar banyak hal, salah satunya mencoba memahami apa itu ikhlas dan mengerjakan sesuatu tanpa mengharapkan balasan dari orang lain. Film yang diangkat dari novel Tere Liye ini berkisah mengenai perjuangan Delisa, salah satu masyarakat kecil di Aceh yang bangkit dari keterpurukan musibah tsunami. Dengan adanya film ini semakin membuat kita tersadar akan ketegaran orang-orang Aceh kala itu. (Agnes)

Jenis film : Drama
Tanggal rilis : 22 Desember 2011
Produksi : PT. Kharisma Starvision Plus
Produser : Chand Parwez Servia
Sutradara : Sony Gaokasak
Penulis naskah : Armantono
Pemain : Nirina Zubir, Reza Rahadian, Chantiq Schagerl, Al Fathir Muchtar, Mike Lewis, Loide Christina Teixeira



28 November 2011 - 19:03:19 WIB

Dibaca : 1096

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

3 Nafas Likas 3 Nafas Likas
Rabu, 06 Agustus 2014
Transcendence Transcendence
Jumat, 14 Maret 2014
Garuda di Dadaku 2 Garuda di Dadaku 2
Rabu, 16 November 2011
Masih Bukan Cinta Biasa Masih Bukan Cinta Biasa
Senin, 12 September 2011
Mendadak Eksis Bersama Nissin Biscuit Mendadak Eksis Bersama Nissin Biscuit
Kamis, 19 Februari 2015

SHARE