Register Login

Costum Player (Cosplay)

Pernah membayangkan nggak kalau animasi Jepang yang suka kita nonton itu kostumnya dipakai oleh remaja Indonesia? Apakah mungkin kostum seperti Kenshin Himura, Naruto, Sailormoon, Pangeran Bertopeng, Tsasuke, tokoh-tokoh dalam Death Note ataupun Doraemon bisa dipakai? Nyatanya haltersebut bisa lho. Inilah keunikan dari costum play (cosplay).

Pelaku cosplay disebut sebagai cosplayer atau layer. Mereka tampil beda dan sama sekali nggak ikutin tren, bahkan bisa dibilang mereka menciptakan tren tersendiri. Cosplay pun banyak macamnya lho. Ada yang disebut dengan cosplay manga atau anime yaitu cosplay yang berasal dari komik Jepang dan komik Amerika. Seperti Naruto, Sailormoon, dan sebagainya. Ada juga cosplay game, yang berasal dari game atau permainan dunia maya. Contohnya Mario Bros.

Ketiga, cosplay tokusatsu yang berasal dari karakter film Tokusatsu. Keempat, cosplay gothic. Cosplay ini masih bernuansa serba hitam tapi diambil dari karakter tokoh animasi Jepang. Seperti Death Note, tokoh malaikat kematian yang selalu berpakaian hitam. Di Jepang, cosplay ini pertama diadakan 1978 di Ashinoko, Prefektur Kanagawa. Peragaan cosplay ini dalam rangka pesta topeng konvensi fiksi ilmiah Nihon SF Taikai ke-17. Saat itu, yang pertama dikenalkan adalah kostum tokoh manga Triton of the Sea karya Osamu Tezuka. Kritikus fiksi ilmiah, Mari Kotani yang menghadiri konvensi tersebut memakai kostumnya. Ketika media massa mewawancarainya, ia pun tidak membantah memakai kostum anime. Sejak saat itu, cosplay Jepang pun berkembang dan muncul beragam macam keunikan lainnya.

Di Indonesia, acara peragaan cosplay ini pun baru bermunculan pada 2000 an. Ketika pagelaran Gelar Jepang di Universitas Indonesia (UI), Bunkasai Japan di Universitas Nasional (Unas), Animonster event, Hellofest, dan Extravaganza event. Setelah penyelenggaraan acara itu, cosplayer Indonesia banyak yang mulai menggunakan cosplay dan bermunculan pula perlombaan cospaly di tanah air. (berbagai sumber/ Agnes)



14 November 2011 - 15:04:54 WIB

Dibaca : 1522

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tayada Populerkan Casual Batik Tayada Populerkan Casual Batik
Senin, 09 Desember 2013
Semarak Gebyar Pernikahan Indonesia 2016 Semarak Gebyar Pernikahan Indonesia 2016
Selasa, 02 Februari 2016
Sepatu Flat Sepatu Flat
Selasa, 15 November 2011

SHARE