Register Login

The Hotel Batavia

Siapa yang tak kenal dengan hotel berbintang empat ini? Hotel ini berada tak jauh dari kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Tepat di seberang Jalan Kali Besar Barat dan jika anda dari arah Jembatan Kota Intan akan terlihat. Di kejauhan bangunan hotel tersebut bercat putih dengan plang nama besar "The Batavia Hotel." Yups, HotelBatavia ini memang diberikan seperti nama kota Jakarta tempo dulu.

Mengingat sejarah dari ibukota Indonesia yang dahulu diduduki oleh Belanda. Untuk masalah ketenaran hotel, jangan dipandang sebelah mata lho. Sebelumnya, ia bernama Hotel Omni Batavia lalu pada 2001 berganti nama menjadi Batavia Hotel. Namun, pada Agustus 2003, berganti lagi menjadi The Batavia Hotel. Alasannya, yaitu kepemilikan dan perubahan struktur dari dewan direksi hotel pun juga berubah, awalnya berada di bawah PT. Wahana Andamari. Nama The Batavia Hotel dan arsitektur hotel ini memiliki sejarah dan keunikan tersendiri. Kini, di pusatnya Jakarta semakin banyaknya westernisasi (masuknya unsur Barat) ke dalam bisnis perhotelan.

Hanya hitungan jari, sedikitnya yang masih dan mau melestarikan bangunan bergaya klasik. Penamaan Batavia itu sendiri juga memiliki sejarah panjang dari Jakarta. Sebelum dinamakan Jakarta, kota ini dahulunya bernama Batavia ketika masa Hindia Belanda. Nah, dengan penamaan Batavia sebagai cerminan dari warisan kota Batavia. Sekaligus mengenang sejarah dari kota ini. Dilihat dari luar bangunan hotel saja, arsitektur gaya kolonial klasik dan tradisional sudah kelihatan. Dengan bergaya layaknya abad 16, apalagi di dalam hotel yang terpampang lukisan-lukisan bernuansa tempo dulu. Sehingga menampilkan kesan mewah dan klasik, termasuk interior dan eksterior ruangan dalam hotel.

Sayangnya, saya hanya bisa mengamati keindahan arsitektur gaya klasik dan tradisional tersebut dari tampak luar saja. Jika anda ingin masuk ke dalam, yah tentu saja anda harus mempunyai kepentingan khusus. Namun, hotel yang diresmikan pada 1995 ini terlihat mencolok dengan ciri khasnya di tengah padatnya penduduk kota Jakarta. Lebih indahnya lagi, jika anda sejenak berkunjung ke kawasan ini pada malam hari. Bangunan bercat putih tak lagi terlihat, namun lampu warna warni ngejreng tampak bersinar indah di sana. Serta plang yang tampak kelap kelip seperti bintang. Eksotisme The Batavia Hotel sama saja dengan Jembatan Kota Intan. Indah dipandang dan kemerlap sama seperti sejarah Batavia tempo dulu. (Agnes)



18 Januari 2012 - 17:45:09 WIB

Dibaca : 2387
  • Jalan Kali Besar Barat No: 44-46, Jakarta Barat, 11230
  • (021) 690 4118 / 690 7926
  • Maps

SHARE