Register Login
  1. Setu Kembang Lio

    Setu Kembang Lio Setu Kembang Lio
  2. Setu Kembang Lio

    Setu Kembang Lio Setu Kembang Lio
  3. Setu Kembang Lio

    Setu Kembang Lio Setu Kembang Lio
  4. Setu Kembang Lio

    Setu Kembang Lio Setu Kembang Lio

Setu Kembang Lio

Setu kembang Lio Setu adalah bahasa yang dipakai untuk menyebut danau, bagi warga sekitar yang hidup di wilayah Depok, berbatasan dengan wilayah Jakarta Selatan. Salah satu Setu yang terbesar dan terawat yaitu Setu Babakan yang berada di daerah jagakarsa. Telah menjadi aikon masyarakat Betawi, karena paguyuban Betawi yang didirikan sebagai basis warga Betawi tepat berada di sekitar Setu tersebut.

Dan bagi andayang ingin merasakan kenyamanan setu di lain tempat, bisa mampir ke Setu yang satu ini, terletak dijalan Kembang Lio, kelurahan Depok Jaya. Disini bisa terlihat keindahan senja dengan pantulan sinar matahari di permukaan air yang mulai redup dibuai gelombang. Tempat ini di rencanakan oleh Pemda Depok untuk dijadikan taman Kota. Akan tetapi hingga saat ini belum juga ada tanda – tanda pemugaran. Karena letaknya berhadapan dengan pemukiman memungkinkan pemugaran ini tertunda.

 Banyak yang bisa dilihat di area Setu ini. Setiap Senja, warga yang hobi mancing berkumpul disini, dan ada beberapa keramba – keramba berfungsi untuk penangkaran ikan gurame, nila, mujair serta udang yang sedang diberi umpan disaat waktu yang sama. Suasana Setu ini begitu tenang membuat anak anda merasa nyaman untuk bermain. Karena disediakan pula perahu bebek – bebekan dengan penyewaan tidak terlalu mahal. Dengan harga Rp. 5000-,-, anda dan keluarga dapat mengitari luas setu ini sesuka hati dengan batasan waktu hingga pukul 18.00 wib.

Dan yang menarik dari setu ini adalah mitos tentang ikan raksasa yang berada didasar Setu. Ia memunculkan diri di waktu – waktu tertentu. Dan orang yang bisa melihatnya tentu bukan orang kebanyakan . biasanya Orang tersebut harus bersih hati juga pikirannya, baru bisa melihat dengan jelas bila ikan raksasa tersebut muncul , pertanda orang tersebut akan mendapat rejeki yang besar pula. Suasana Tempat ini tidak begitu ramai dibandingkan dengan Setu – Setu lainnya. Akan tetapi wilayah tersebut sudah menjadi tempat wisata alternatif bagi warga sekitar.

Menjadikan Setu kembang Lio ini terkenal sejak Jaman Belanda, karena letaknya memang tak jauh dari pemukiman Depok Lama yang sebagian warganya adalah pekerja ataupun abdi belanda yang telah di bebaskan , kemudian berhak memakai marga dengan nama belanda pada masa Cornelis chasteilein, seorang petinggi VOC yang membeli sebidang tanah di wilayah yang sekarang dikenal dengan nama Depok. Setu Kembang Lio pun dahulunya adalah wilayah hutan belantara dan para petinggi petinggi belanda biasanya berwisata ke wilayah ini sekaligus memberi makan dan minum kuda – kuda mereka. Dan kini telah berubah menjadi daerah resapan air di wilayah kota depok. (Tunggul)




05 April 2012 - 14:01:30 WIB
Foto : Tunggul / GeDoor.com
Dibaca : 2077
  • Depok Jaya, Depok, Jawa Barat
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Patung Perjoangan Jatinegara Patung Perjoangan Jatinegara
Rabu, 01 Februari 2012
Gelanggang Samudera Ancol Gelanggang Samudera Ancol
Jumat, 27 Mei 2011
Setasiun Jatinegara Setasiun Jatinegara
Rabu, 01 Februari 2012
Pusat Primata Schmutzer Pusat Primata Schmutzer
Selasa, 28 Juni 2011

SHARE