Register Login

Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang Ini dia salah satu jenis es tersulit apabila dicari di Jakarta, Selendang Mayang namanya. Dari segi nama, es ini tergolong bukan nama es yang populer di masa ini. Benar sekali Es Selendang Mayang ini merupakan es legendarisdi Jakarta dan masuk dalam kategori es yang sudah langka keberadaannya.

Nama dan penampilan es Selendang mayang banyak membuat orang penasaran. Banyak juga yang mengira ini minuman atau jenis busana bila dilihat dari namanya. Es Selendang Mayang merupakan jajanan atau minuman tradisional khas Betawi. Rasanya manis, gurih, sedikit asin, dan semakin segar ketika diberi batu es.

Saat dicicipi, campuran kue dari sagu aren yang gurih, berpadu dengan rasa manis dari gula Jawa, asin gurih dari santan langsung menyergap lidah. Es batu yang dicampurkan memberi efek segar yang pas dinikmati di saat cuaca panas. Dulu warna es selandang mayang hanya merah dan putih.

Tetapi kini ditambahkan warna hijau juga dengan alasan biar tambah bervariasi warnanya. Dan jangan takut warna tersebut berasal dari daun pandan dan pewarna makanan. Rasa dari Selendang Mayang yang warna-warni itu lebih bertekstur kenyal dan mirip seperti cendol hijau.

Yang uniknya juga untuk memotong Selendang Mayangnya tersebut dahulu para pedagang menggunakan pisau yang terbuat dari bambu atau biasa di sebut "Beset". Pada awalnya penjaja Es Selandang Mayang ini menjual dagangannya menggunakan pikulan dari berkeliling masuk dari kampung satu ke kampung lainnya.

Namun sekarang ini jangan harap anda dapat menyaksikan pemandangan tersebut. Pada saat sekarang ini lebih banyak pedagang yang menggunakan gerobak untuk menjajakannya. Dan varian rasanya juga mulai lebih beragam seperti bisa ditambahkan susu ke dalam es nya.

Bila anda ingin menikmati es yang sudah lumayan langka ini hanya ada di event-event tertentu seperti Pekan Raya Jakarta, maupun di pusat-pusat takjil selama bulan Ramadhan. Hal tersebut juga dengan catatan bila masih ada yang mau membuat serta menjajakannya. (Roy) 




26 Juli 2012 - 16:10:18 WIB

Dibaca : 2849

SHARE