Register Login

Buku Dan Komik Di Terminal Senen

Mendengar nama terminal Senen tentunya memiliki konotasi negatif bagi kebanyakan orang. Ada yang bilang lokasi ini rawan tindak kejahatan terlebih pada malam hari. Namun di sela-sela itu ada pula manfaat berarti dari lokasi terminal ini selain sebagai pusat bus untuk parkir menunggu penumpang.

Di bagian kanan terminal Senen terdapat lokasi para penjual buku bekas maupunbaru. Banyak juga orang yang menyebut lokasi ini sebagai toko buku "loakan". Beberapa tahun lalu di lokasi ini hanya segelintir pedagang saja yang membuka kiosnya di tempat ini. Namun setelah kejadian digusurnya pusat penjualan buku di Kwitang, banyak para pedagang yang tadinya berjualan di sana memindahkan usahanya ke Terminal Senen ini. Selain pindah ke Terminal Senen banyak juga yang pindah ke Bursa Buku Bekas di Thamrin City.

Di Terminal ini terdapat puluhan pedagang yang menjajakan aneka buku tiap harinya. Pengunjung yang sering membeli buku di sini adalah para mahasiswa serta pelajar. Karena di tempat ini banyak di jajakan buku bacaan sekolah maupun buku pegangan mata kuliah untuk mahasiswa. Di sini buku-buku di bandrol cukup miring dari harga pasarannya seperti di toko-toko buku lainnya. Apabila anda sedang mencari aneka kamus lengkap tak salah bila anda mengunjungi tempat ini, karena di lokasi ini cukup banyak di jual kamus macam-macam bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Perancis, China, Jepang dan banyak lagi.

Selain menjual buku-buku pelajaran, tempat ini juga terkenal akan penjualan komik bekas dan majalah bekas. Untuk masalah komik bekas di Terminal Senen ini juaranya, dan bisa dikatakan para pedagang di sini lebih banyak menjual komik dibandingkan buku-buku. Namun jika anda mencari novel-novel lama juga bisa datang ke tempat ini. Rata-rata untuk harga komik yang di jual di sini menurut salah satu pedagang tergantung dari langka maupun tahun cetaknya, namun komik termurah biasanya di hargai Rp 7.000 saja perkomiknya.

Kalau harga buku pelajaran biasanya tidak ada harga yang pasti, harga di tentukan oleh proses tawar menawar. Namun saran saya sebelum membeli buku ketahui dulu harga pasaran buku yang anda ingin beli, nah harga buku tersebut menjadi patokan anda ketika menawar. Yang pasti dari harga patokan anda tersebut biasanya di tempat lebih murah 20-30%. (Roy)



01 Agustus 2012 - 15:42:10 WIB

Dibaca : 3591

SHARE