Jakarta Game Show 2013 Cerahnya Masa Depan Industri Gaming Indonesia
Games atau permainan biasanya identik dengan anak-anak. Namun di era
teknologi maju saat seperti ini dan ditambah dengan percepatan
konvergensi media yang terjadi, games bukan lagi menjadi konsumsi anak
saja, namun telah meliputi berbagai usia, dari anak hingga dewasa. Industri gaming telah menjadi insustri yang sangat menguntungkan dan
menjadi salah satu kontributor pertumbuhan dan perkembanganInformation
and Communication Technology (ICT), yang bukan hanya di Indonesia bahkan
saat ini sudah mendunia.
Dalam sebuah laporan lembaga penelitian Tranperency Market Research menyebutkan jika pasar dan industri gaming dunia pada 2011 mencapai US$ 70,5 miliar dan pada 2015 nilainya diperkirakan akan mencapai US$ 117,9 miliar. Bahkan kawasan Asia Pacific menjadi wilayah dengan pertumbuhan pasar gaming terbesar dunia.
Besarnya pertumbuhan tersebut di sebabkan oleh semakin canggihnya fitur yang ditawarkan untuk mengembangkan game yang ada di pasar dan semakin meningkatnya pengguna internet di dunia. Salah satu langkah untuk memuaskan para gamer di tanah air yakni dengan diselenggarakannya Jakarta Game Show (JGS) 2013. Gelaran JGS kali ini diramaikan oleh beberapa publisher game lokal seperti Garena, Megaxus, MainGames, WavaeGame, Pandawa dan lain-lain. Yang menjadi fokus pelaksanaan JGS 2013 kali ini adalah menghadirkan liga-liga game online terbesar di Indonesia yang berorientasi international.
Dan yang paling menarik adalah digelarnya tiga turnamen game bertaraf international yaitu Asian Cyber Game (ACG) 2013, Indonesia Heroes Of Newerth National Championship (IHNC), serta Counter Strike Online World Championship. Tercatat hingga tahun sebelumnya, industri games Indonesia telah menghasilkan sedikitnya seribu games. Nilai pasar game di Indonesia diperkirakan akan terus bertumbuh di tahun-tahun mendatang. Ini menjadi salah satu pertimbangan digelarnya kembali event rutin tahunan untuk mengobati kerinduan para gamer serta memamerkan produk-produk baru games yang saat ini sedang di gandrungi oleh semua kalangan.
JGS 2013 juga mengadakan berbagai seminar yang menjadi ajang edukasi para pengunjung dan pecinta games Indonesia. Kegiatan tersebut membahas berbagai topik yang berkaitan dengan topik yang berkaitan dengan dunia gaming. Ajang JGS 2013 dimeriahkan oleh beberapa komunitas seperti Indonesia Tekken Battle, komunitas Marvel Indonesia. Para komunitas ini benar-benar memanfaatkan momen tahunan ini sebagai ajang yang bukan hanya sekedar kumpul, melainkan mereka juga berbagi informasi mengenai games favorit mereka. bahkan di akhir pekan komunitas marvel juga meluncurkan logo baru mereka agar lebih dikenal oleh pecinta games. JGS 2013 merupakan bagian dari kombinasi pameran Indocomtech 2013 kemarin. (Mardiyan RH / Gedoor.com)
Dalam sebuah laporan lembaga penelitian Tranperency Market Research menyebutkan jika pasar dan industri gaming dunia pada 2011 mencapai US$ 70,5 miliar dan pada 2015 nilainya diperkirakan akan mencapai US$ 117,9 miliar. Bahkan kawasan Asia Pacific menjadi wilayah dengan pertumbuhan pasar gaming terbesar dunia.
Besarnya pertumbuhan tersebut di sebabkan oleh semakin canggihnya fitur yang ditawarkan untuk mengembangkan game yang ada di pasar dan semakin meningkatnya pengguna internet di dunia. Salah satu langkah untuk memuaskan para gamer di tanah air yakni dengan diselenggarakannya Jakarta Game Show (JGS) 2013. Gelaran JGS kali ini diramaikan oleh beberapa publisher game lokal seperti Garena, Megaxus, MainGames, WavaeGame, Pandawa dan lain-lain. Yang menjadi fokus pelaksanaan JGS 2013 kali ini adalah menghadirkan liga-liga game online terbesar di Indonesia yang berorientasi international.
Dan yang paling menarik adalah digelarnya tiga turnamen game bertaraf international yaitu Asian Cyber Game (ACG) 2013, Indonesia Heroes Of Newerth National Championship (IHNC), serta Counter Strike Online World Championship. Tercatat hingga tahun sebelumnya, industri games Indonesia telah menghasilkan sedikitnya seribu games. Nilai pasar game di Indonesia diperkirakan akan terus bertumbuh di tahun-tahun mendatang. Ini menjadi salah satu pertimbangan digelarnya kembali event rutin tahunan untuk mengobati kerinduan para gamer serta memamerkan produk-produk baru games yang saat ini sedang di gandrungi oleh semua kalangan.
JGS 2013 juga mengadakan berbagai seminar yang menjadi ajang edukasi para pengunjung dan pecinta games Indonesia. Kegiatan tersebut membahas berbagai topik yang berkaitan dengan topik yang berkaitan dengan dunia gaming. Ajang JGS 2013 dimeriahkan oleh beberapa komunitas seperti Indonesia Tekken Battle, komunitas Marvel Indonesia. Para komunitas ini benar-benar memanfaatkan momen tahunan ini sebagai ajang yang bukan hanya sekedar kumpul, melainkan mereka juga berbagi informasi mengenai games favorit mereka. bahkan di akhir pekan komunitas marvel juga meluncurkan logo baru mereka agar lebih dikenal oleh pecinta games. JGS 2013 merupakan bagian dari kombinasi pameran Indocomtech 2013 kemarin. (Mardiyan RH / Gedoor.com)
11 November 2013 - 10:46:27 WIB
Foto : Mardiyan RH / Gedoor.com
Dibaca : 1660