Register Login

Pameran Seni Rupa "LAKON 3" Oleh Laksmi Shitaresmi

Erasmus Huis merupakan pusat kebudayaan yang masih satu komplek dengan Kedutaan Besar Belanda di Jakarta. Kali ini, Erasmus Huis akan memamerkan karya seni dari seorang seniman asal Yogyakarta,Laksmi Shitaresmi dalam pameran yang bertajuk "LAKON 3". Pameran yang diselanggarakan pada hari Sabtu 8 Maret 2014 lalu cukup banyak menarik perhatian baik dari masyarakat umum maupun ekspatriat yang yang sering hadir dalam event-event yang diadakan di Erasmus Huis.

Laksmi Shitaresmi adalah seorang seniman, yang di dalam bahasanya menggunakan berbagai unsur tradisional untuk menegaskan sesuatu yang personal, bagian dari pernyataan bahwa si seniman menerima tradisinya secara terbuka dan kritis. Sesulit apapun jalani saja hidup ini dengan lapang dan sumeleh, mawas diri, kesabaran dan ketenangan batin. Hidup hanya sekali, jadilah lakon/pemeran, janganlah jadi penonton. Jadilah lakon/pemain "yang berarti" bukan sebagai penonton yang "kosong" (Laksmi Shitaresmi).

Secara kasat mata, perbendaharaan visual dalam karya-karyanya, baik bentuk maupun isi terlihat merujuk pada tradisi visual dan sastra yang lazim dikenal dalam kebudayaan Jawa. Laksmi memanfaatkan semua itu dengan cara yang lebih bebas dan lebih leluasa karena ia tidak secara langsung, atau hanya merujuk pada gaya atau pedekatan visual wayang. Laksmi mengolah unsur tradisi Jawa lebih leluasa, karena ia mengandalkan seluruh pengalaman dan pemahamannya sendiri sebagai seseorang yang memang tumbuh dan besar dalam tradisi Jawa itu.

Karya-karyanya seperti berada dalam atmosfir yang pekat denga simbol dan ikonografi yang selama ini ia serap dari lingkungan budaya Jawa. Ini berlaku pada aspek visual-formal sekaligus pada cara ia mengisi dan menyampaikan pokok narasi dalam karya-karyanya. (Angga W. Wardani/geDoor.com)



09 Maret 2014 - 17:59:33 WIB
Foto : Angga W. Wardani
Dibaca : 1241
  • Jl. H.R. Rasuna Said kav. S-3, Kuningan, Jakarta
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Jason Chen Live In Jakarta 2014 Jason Chen Live In Jakarta 2014
Kamis, 26 Juni 2014
The Casualties The Casualties
Rabu, 24 Agustus 2011

SHARE