Register Login

Yuk Wisata Sambil Belajar Di Tanah Tingal

Bermula sejak tahun 1980-an, Tanah Tingal memulainya dengan konsep konservasi alam yakni pelestarian pohon-pohon sebagai salah satu hutan kota di bilangan Tangerang Selatan saat itu. Kurang lebih ada ribuan pohon termasuk yang langka tertanan di kawasan seluas 9 hektar lebih ini, salah satunya adalah Pohon Bodhi yang berasal dari India yang dikenal dalam agamaBudha sebagai tempat Sang Budha Gautama bersemedi dan memperoleh pencerahan.

Namun sejak tahun 2000-an mulai dikembangkan fasilitas untuk wisata Edutainment baik untuk anak maupun untuk dewasa. Tanah Tingal sendiri dikenal sebagai pusat pelatihan, pendidikan dan kegiatan luar ruang terbesar di kawasan Tangerang Selatan yang mempunyai berbagai aktifitas luar ruang dengan fasilitas yang lengkap.

Salah satu program yang cukup favorit dari tempat ini adalah paket edukasi anak untuk usia taman kanak-kanak hingga sekolah dasar yang meliputi kegiatan menanam pohon, menghias gerabah hingga permainan untuk melatih motorik dan keberanian seperti Flying Fox.

Selain itu ada pula paket untuk dewasa yakni paket outing yang merupakan kombinasi dari berbagai kegiatan wisata petualangan dan wisata liburan yang dikemas dengan apik sehingga menambah pengalaman bagi siapa saja yang mengikutinya. Selain untuk perorangan, paket outing ini juga cocok untuk group baik keluarga besar maupun instansi atau perusahaan untuk melakukan kegiatan management training atau team building.

Selain itu yang menarik dari tempat ini adalah adanya fasilitas danau atau yang disebut dermaga buatan untuk bermain kanoo. Anda tidak perlu khawatir setiap pengunjung yang bermain kanoo akan didampingi oleh instruktur dari Tanah Tingal.

Bukan hanya dermaga, tempat ini juga menyediakan fasilitas menginap dengan dua pilihan yang bisa dicoba. Mau yang tertutup dengan konsep rumah barak atau konsep camping. Harga paket yang ditawarkan cukup bervariasi, untuk paket anak-anak mulai dari 150 ribu rupiah/ anak dengan jumlah minimal 50 peserta. Untuk paket dewasa mulai 250 ribu rupiah/ orang juga dengan jumlah minimal 50 peserta.


Tanah Tingal saat ini juga dilengkapi dengan sekolah alam, kurang lebih sudah ada ratusan anak yang bersekolah dengan konsep alam di sini. Di sekolah alam Tanah Tingal anak-anak akan diajarkan kemandirian, teknik dasar wirausaha tanaman, hingga memelihara tanaman sendiri. Sekolah alam juga ditunjang dengan kurikulum yang juga mengacu pada standar nasional.

Tanah Tingal memang secara konsep bisa dikatakan cukup serupa dengan tempat-tempat sejenis yang telah ada, namun dengan luas kawasan serta fasilitas yang memadai ditunjang juga dengan akses yang mudah membuat tempat ini sangat layak dijadikan pilihan tempat rekreasi bagi anda dengan keluarga maupun kerabat. (Roy/gedoor)



30 Januari 2015 - 10:14:36 WIB
Foto : Roy/gedoor
Dibaca : 1407
  • Jl. Merpati Raya 32B, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan
  • Setiap Hari 08:00-17:00 Wib
  • 021-7409454
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Rafting Citarik Rafting Citarik
Rabu, 28 September 2011
Pesona Wisata Alam Cidahu Pesona Wisata Alam Cidahu
Kamis, 26 September 2013

SHARE