Register Login

Pameran Sawung Galing

Bagi anda pecinta batik mania, pameran batik kali ini nggak boleh dilewatkan sepeser pun acaranya. Baik dari pembukaan pameran pada 31 Mei hingga penutupannyapada 25 Juni 2011 di Museum Tekstil Jakarta. Pameran yang bertemakan Sawung Galing dari beragam latar – karya dedikasi para tokoh – Konsepsi Presiden – dan sebagainya. Mengapa? Karena pameran ini memamerkan koleksi dari Museum Tekstil itu sendiri dan yang terpenting yaitu koleksi dari para kolektor Batik Indonesia.

Siapakah itu? Mau tahu? Pastinya, anda mengenal nama-nama di bawah ini seperti koleksi pribadi dari Bapak dan Ibu Fauzi Bowo, Megawati Soekarno Putri dengan motif Megakusuma dan Bumi Gonjang Ganjing, Pia Alisyahbana (putri dari Sutan Takdir Alisyahbana), Mien Soedarpo, Nian S. Djoemena, Soewandari Soekrisno, Winnie Ponco Soetowo, keluarga Darmais, Pusaka Iwan Tirta dan masih banyak lagi. Nama-nama di atas hanyalah segelintir kolektor yang memamerkan koleksinya.

Pameran ini merupakan realisasi dari program Museum Tekstil pada tahun ini. Ditujukan untuk mengenang Sang Empu Batik Indonesia, Panembahan Hardjonagoro dan Sang Maestro Batik Indonesia, Iwan Tirta. Dari pameran ini, banyak sekali harapan dari kolektor dan penyelenggara pameran. Salah satunya, semoga masyarakat umum semakin tinggi apresiasi kecintaannya terhadap batik buatan dalam negeri. Batik Indonesia merupakan salah satu kekuatan jati diri bangsa Indonesia dalam mempertahankan kekuatannya yang telah turun temurun ada. Semoga saja batik Indonesia jaya selalu. (Agnes)



08 Juli 2011 - 10:43:29 WIB

Dibaca : 1097

SHARE