Register Login

Aneka Kursi Dan Meja Jl. Saharjo

Semakin tingginya harga barang baru sekarang ini membuat sebagian orang berpikir untuk beralih untuk menggunakan produk barang bekas apalagi sekarang sedang gencar-gencarnya kampanye cinta lingkungan, dan menggunakan barang bekas merupakan salah satu bentuk partisipasi positif kita dalam melestarikan lingkungan. Meningkatnya permintaan barang bekas membuat banyak pihak mulai memperhitungkan keberadaan usaha semacam ini, hampir semua kebutuhan manusia ada alternatif pilihan bekasnya tapi tentunya bukan makanan ya, mana ada makanan bekas kan.

Barang apa yang bekastapi masih layak untuk dipergunakan kembali, ya salah satunya peralatan kantor antara lain kursi dan lemari. Di Jl. Saharjo, Manggarai, Jakarta Selatan merupakan salah satu tempat yang bisa dikatakan pusatnya penjualan peralatan kantor di Jakarta, dari mulai kursi, meja kantor, brangkas, sampai lemari besi yang biasanya untuk menaruh berkas-berkas kantor.

Di tempat ini penjual tidak membuat atau memproduksi kursi maupun meja melainkan mendapatkannya dari orang yang menjual langsung ke sini atau didapat dengan cara mengikuti pelelangan yang dilakukan oleh kantor yang ingin pindah gedung maupun pembaharuan pada furniture kantornya. Lucunya barang yang didapat dari hasil barang kantor di jual juga untuk kantor lagi, hal ini sering terjadi bahkan pembeli dari perusahaan ataupun jenis usaha seperti restoran mendominasi pangsa pasar di tempat ini daripada pembeli jenis satuan untuk dipergunakan secara pribadi.

Strategi penjual untuk membuat barang yang tadinya bekas tiba-tiba di sulap menjadi barang baru merupakan siasat yang menguntungkan, menurut salah satu pedagang tidak semua barang-barang yang datang dalam keadaan yang baik dan bahkan ada yang sudah tidak utuh lagi, untuk itu diperlukan reparasi perbaikan agar tampak baru untuk dapat di jual kembali. Kalau berbicara soal harga sih pastinya di tempat ini lebih bersahabat dari pada di tempat lain biar pun bekas nampak seperti baru juga kelihatannya dan kualitasnya terjamin juga, kursi biasa untuk kantor di patok mulai dari yang termurah mulai dari harga Rp 150.000-Rp 300.000 tergantung merek barang juga yang akan mempengaruhi harga nantinya.

“Kebanyakan yang datang ke sini datang untuk mencari kursi dan bila membeli sekalian dengan lemari karena mereka melihat oh ternyata di tempat ini juga di jual lemari kantor terbuat dari besi dan meja brangkas, masalah harga relatif tapi kalau lemari tidak bisa kasih harga mahal-mahal soalnya barang yang satu ini agak sulit lakunya,” begitu tutur salah satu pegawai yang sedang mereparasi kursi. Biasanya setelah kursi selesai diperbaiki kursi-kursi tersebut langsung dibungkus dengan plastik pelapis guna tidak kotor saat dipajang maupun agar terlihat baru saat dijajakan di pinggir jalan.

Di lokasi ini tidak hanya bisa kita temui kursi-kursi untuk kebutuhan formal kantor saja melainkan kursi untuk kebutuhan lain juga ada contoh, kursi panjang yang biasa kita lihat di Café, kursi lipat untuk pelajar atau mahasiswa dan banku taman yang terbuat dari besi juga tidak kalah menghiasi kios-kios di jalan Saharjo ini. Di daerah ini kira-kira ada sekitar 20-40 pedagang yang membuka kiosnya setiap hari, dan bila berminat untuk membeli barang di tempat ini hendaklah mancari referensi dulu tentang barang yang akan dibeli supaya nanti tidak di bohongi oleh pedagang, namanya juga orang jualan mencari untung sebesar-besarnya kan.

Jadi kita sebagai pembeli mesti cermat serta selektif, atau bisa dengan cara melihat harga barang yang serupa tapi baru di tempat lain kira-kira harganya di sini bisa setengah dari harga baru bila anda bisa menawarnya. Memang sering disadari atau tidak perubahan perilaku pada konsumen yang mulai beralih melirik barang bekas pada beberapa waktu ini semakin tinggi saja grafiknya peningkatannya, hal ini jelas dipengaruhi oleh harga barang baru yang semakin tidak terjangkau dan yang paling penting bahwa barang bekas mulai dapat diperhitungkan keberadaannya, karena barang bekas disamping murah dan kualitas semakin baik saja, hal itu yang selalu diperjuangkan oleh pedagang-pedagang di sini agar barang-barangnya tetap terjaga kualitasnya. (Roy)



04 Agustus 2011 - 17:38:50 WIB

Dibaca : 17679

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Jakcloth Lebaran 2015 Jakcloth Lebaran 2015
Senin, 27 Juli 2015
Cotton Booth Distro Cotton Booth Distro
Selasa, 16 September 2014
Pasar Gembrong Surganya Mainan Murah Pasar Gembrong Surganya Mainan Murah
Senin, 01 September 2014

SHARE