Register Login

Kisah Maria Van Del Veldes

Di Pulau Onrust terdapat satu komplek pemakaman unik dan memiliki daya tarik kisah tersendiri. Letaknya di ujung pulau. Jika kita menyisir Onrust dari depan ketikakapal merapat hingga ke ujung pulau. Di sana, akan ditemukan komplek pemakaman Belanda, dengan ciri khas pohon beringin besar nan lebat di tengah-tengah komplek. Di sana, terdapat kuburan Maria Van Del Veldes, istri dari Johanna Kalf, penguasa Pulau tersebut yang meninggal pada usia 25 tahun. Maria lahir pada 1694 di Belanda dan meninggal di Onrust pada 1719.

Maria meninggal menggunakan baju merah karena ia lama menunggu suaminya pulang. Mitosnya, setiap setelah Magrib atau menjelang malam ia suka menyisir pulau dan menunggu suaminya di makam tersebut. Buku medis karya Thomas dan George Underwood (1827) menceritakan mengenai ekspedisi tentara kerajaan Inggris ke Batavia pada Agustus 1800. Disebutkan, terdapat 12 resimen tentara (127 personel) yang mendarat di Onrust. Tapi, hanya 62 personel yang kembali. Sisanya, tewas karena penyakit misterius di Onruts.

Mitos mati muda ini bisa terlihat dari Komplek Kuburan Belanda yang berada di ujung pulau. Percaya dan tidak percaya mengenai mitos Maria bergaun merah ini, namun penjaga Pulau Onrust suka menceritakan hal ini kepada pengunjung. Alih-alih, sebagai daya tarik dari Onrust. Jika ingin membuktikannya, coba saja datang ke Onrust menjelang senja. Bisa jadi, anda akan bertemu Maria di sana. (Agnes)



16 September 2011 - 18:03:36 WIB

Dibaca : 1834

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Alam Tanjung Lesung Alam Tanjung Lesung
Kamis, 03 November 2011
Keprajuritan Keprajuritan
Kamis, 08 September 2011
Pulau Kelor Pulau Kelor
Senin, 19 September 2011
Kubah Barat Kubah Barat
Kamis, 08 September 2011

SHARE