Register Login
  1. Bolu Kukus Talas Khas Kota Hujan

    Bolu Kukus Talas Khas Kota Hujan Bolu Kukus Talas Khas Kota Hujan

Bolu Kukus Talas Khas Kota Hujan

Selain dikenal dengan kota hujan, Bogor juga terkenal memiliki kuliner yang digemari banyak orang mulai dari jajanan hingga makanan berat yang sudah terkenal sejak dulu kala. Salah satu buah tangan yang dapat dibawa pulang saat bertandang ke kota Bogor adalah talas. Buahyang satu ini sudah amat terkenal namanya, hingga tak lengkap rasanya bila berkunjung ke kota ini tanpa membawa tanda mata berupa buah yang satu ini.

Kelebihan jumlah talas dimanfaatkan oleh segelintir orang yang berkutat di dunia kuliner untuk menciptakan penganan dalam bentuk kue dengan bahan dasar dari talas. Salah satunya adalah Bolu Lapis Kukus atau yang lebih dikenal dengan Lapis Bogor. Meskipun menggunakan bahan dasar dari talas, tapi tekstur kuenya lembut dengan aroma talas yang khas. Dalam pengolahannya, kue ini dikombinasikan dengan aneka topping, mulai dari keju, cokelat, cappuccino, tiramisu, strawberry, blueberry, choco chip, rainbow chip, mint dan original. Untuk varian yang original Bolu Kukus ini memiliki dua lapis yakni lapis pertama berwarna kuning kecoklatan serta lapis kedua yang berwarna ungu.

Sementara untuk toping diatasnya diberikan keju parut yang dilapisi oleh white krim dibawahnya. Karena dalam proses pembuatannya tanpa menggunakan bahan pengawet, kue ini hanya bisa bertahan hingga 4 hari dan bisa mencapai 7 hari bila dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Dengan tekstur kue yang lembut, rasa dan aroma yang khas, kemasan serta bentuknya yang cukup cantik dan menarik menambah poin tersendiri untuk memilih Lapis Bogor ini sebagai oleh-oleh yang mulai terkenal saat ini.

Banyak orang yang singgah ke Bor belakangan ini lebih memilih untuk membawa oleh-oleh yang praktis dan mudah dibawa ketimbang harus membeli buah-buahan maupun sayur-sayuran. Nah bila anda bertandang ke Bogor dan mencari buah tangan berupa Bolu Kukus Talas, bisa mengarahkan kendaraan ke Jalan Padjajaran. Di lokasi ini ada sebuah toko roti yang bernama J’s Cheese Cakes atau Jumbo Bakery yang menjual Bolu Kukus dengan aneka varian dengan harga Rp 30 ribu rupiah perbox. Selain itu tempat ini juga menyediakan oleh-oleh khas kota Bogor mulai dari jajanan hingga asinan.  (Roy/gedoor)    



28 Mei 2014 - 10:41:49 WIB
Foto : Roy/gedoor
Dibaca : 3059

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Koboi dari Barat Koboi dari Barat
Kamis, 08 September 2011
Waduk Cacaban Waduk Cacaban
Senin, 17 Oktober 2011
Legenda Wisata (Mesir) Legenda Wisata (Mesir)
Rabu, 07 September 2011
Patung Hermes Patung Hermes
Selasa, 22 November 2011
Kota Wisata Cibubur (Fantasy Island) Kota Wisata Cibubur (Fantasy Island)
Kamis, 25 Agustus 2011

SHARE