Register Login
  1. Pasar Jembatan Lima

    Pasar Jembatan Lima Pasar Jembatan Lima
  2. Pasar Jembatan Lima

    Pasar Jembatan Lima Pasar Jembatan Lima
  3. Pasar Jembatan Lima

    Pasar Jembatan Lima Pasar Jembatan Lima
  4. Pasar Jembatan Lima

    Pasar Jembatan Lima Pasar Jembatan Lima
  5. Pasar Jembatan Lima

    Pasar Jembatan Lima Pasar Jembatan Lima

Pasar Jembatan Lima

Sebenarnya sih saya secara tidak sengaja menemukan tempat yang satu ini yakni Pasar Jembatan Lima yang berada di daerah Jakarta Barat, pasarnya sih biasa saja seperti pasar-pasar pada umumnya ya berjualan kebutuhan-kebutuhan konsumsi dan kebutuhan sehari-hari. Memang saya pernah juga mendengar dari beberapa teman yang mengatakan bahwa di tempat ini gudangnya alat-alat kebutuhansehari-hari dari plastik, bukan pasarnya yang membuat unik tempat ini melainkan kios-kios yang berada di depan jalan masuk pasar yang jumlahnya bisa ratusan sehingga tempat ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk berbelanja kebutuhan akan produk yang berbahan baku plastik secara grosiran. 

Aktifitas di tempat ini amat lah sibuk dan ramai sekali sehinnga menimbulkan kemacetan yang cukup membuat jengkel apabila kita melewati tempat ini, di pasar ini bila kita ingin membeli peralatan yang terbuat dari plastik hampir semuanya tersedia, dari mulai kebutuhan kamar mandi ada ember, tempat sabun, gayung, sikat. Untuk kebutuhan ruangan ada kursi plastik, meja, pot bunga, keranjang sampah, boks. Peralatan dapur, nah untuk peralatan yang satu ini banyak banget pilihannya ada gelas, piring, sendok plastik, aneka tempat untuk gula, baskom, ada juga aneka pot, tempat makan plastik dan masih banyak lagi barang yang terbuat dari plastik lainnya. Biasanya di tempat ini barang-barang di jual secara grosir maklum saja hampir semua pedagang eceran yang menjual barang dari plastik datang membeli di sini, akan tetapi bagi yang akan membeli untuk satuan juga akan dilayani dengan baik ya tapi harganya mungkin akan lebih mahal daripada membeli secara borongan atau yang biasa di sebut di sini lusinan.

Kategori barang yang di jual di sini berkisar dari yang paling murah sampai yang termahal juga ada, yang mahal itu biasanya produk keluaran pabrik yang terkenal macam Lion Star, Claris. Untuk semua produk yang di jual di pasar ini rata-rata harganya di bawah harga pasaran, malahan harganya bisa 30% lebih murah dari harga yang ada di supermarket. Sepengelihatan saya sewaktu menginjakkan kaki di tempat ini adalah sedang maraknya produk kebutuhan makan dan minum yang terbuat dari plastik, terlihat banyak pembeli membeli untuk dipakai sendiri maunpun untuk di jual kembali.

Memang produk tempat makan dan minum salah satu barang yang menjadi favorit karena banyak yang membutuhkan untuk anak sekolah, bekal untuk bekerja pasti akan memperggunakan barang plastik yang satu ini, selain diperlukan barang ini kan tidak perlu di buang setelah dipakai karena dapat dicuci untuk digunakan kembali. Untuk tempat makan ukuran kecil di pasar ini mematok harga lusinan Rp 50.000 sementara untuk ember ukuran sedang mencapai harga Rp 15.000 satuannya, memang harga disesuaikan dengan merek barang tersebut dan di tempat ini kurang dapat ditawar, sebenarnya bisa untuk menawar tapi dari patokan harga awal hanya akan di beri potongan sedikit karena harga barang di sini sudah murah, coba di tempat lain kata salah satu pedagang saat sedang bertransaksi dengan pembeli. Pasar Plastik Jembatan Lima ini sebenarnya sudah lama banyak yang mengatakan sudah ada yang memulai berdagang di tempat ini tahun 1970 dan lain versi juga menyebutkan ada yang telah membuka tokonya untuk menjual barang-barang plastik ini mulai tahun 1980 an, terlepas dari versi mana yang benar bahwa tempat ini telah melegenda menjadi salah satu sentra terbesar dalam perdagangan barang-barang dari plastik secara eceran dan grosiran.(Roy) 



07 September 2011 - 14:40:06 WIB
Foto : Roy / GeDoor.com
Dibaca : 14632
  • K.H. Moh. Mansyur Raya, Jakarta Barat
  • 07:00-18:00 WIB Setiap Hari
  • Maps

SHARE