Register Login

Monster Hunter

Game Action Role Playing Games (Action RPG) keluaran Capcom tahun 2004 ini merupakan game yang sangat laku keras di negara asalnya yaitu Jepang dan juga seluruh dunia. Seperti judulnya, game ini membuat kita sebagai player menjadi seorang pemburu. Tetapi bukan pemburu biasa, yang kita buru adalah monster raksasa berbentuk naga dan dinosaurus yang berukuran raksasa.

Dengan tampilan grafik di PlayStation 2, monster hunter memperlihatkan suasana lingkungan yang sangat alami dan nyata. Padasaat memainkan game ini, kita akan langsung merasakan betapa indahnya pemandangan yang ditampilkan di game ini. Game ini juga merupakan Multi Player game yang artinya dapat dimainkan lebih dari satu orang. Bukan hanya pemandangannya saja, game ini juga memperlihatkan gaya pertarungan yang sangat berbeda dengan game Action RPG lainnya.

Tidak seperti game lain yang kebanyakan memperlihatkan jurus-jurus yang sangat hebat sehingga mampu membunuh lawannya dalam satu kali tembakan. Untuk memainkan Monster Hunter diperlukan kemampuan bermain yang sangat tinggi. Kita tidak bisa begitu saja melawan monster dan mengalahkannya hanya dengan mengandalkan senjata kita. Memang sama seperti game RPG lainnya dimana semakin bagus senjatanya maka semakin mudah melawan musuhnya. Tetapi di Monster Hunter ini, senjata yang bagus saja tidak cukup. Monster-monster yang kita buru nantinya akan mempunyai gerakan-gerakan dan serangan-serangan yang unik serta variatif.

Kita harus bisa menebak gerakan apa yang akan dikeluarkan monster yang kita buru, hanya untuk menghindari serangannya saja. Kita tidak bisa sekedar melompat begitu saja untuk menghindari serangannya, game ini menuntut kita untuk menggunakan timing yang benar-benar pas hanya untuk menghindarinya. Karena itu tingkat kesulitan di game ini sangat tinggi. Game ini memberikan banyak variasi pilihan senjata untuk karakter kita seperti Great Sword (Pedang Raksasa), Sword and Shield (Pedang dan Tameng), Lance (Tombak), Bow (Panah), dan lain-lain. Masing-masing senjata mempunyai kemampuan, fungsi, dan peranan yang berbeda-beda, misalkan ada yang bertugas menjaga teman-temannya dari serangan monster, ada yang bertugas menembak dari jauh, dan lain-lain.

Player dituntut untuk harus menguasai dan menghafal gerakan-gerakan yang dapat dikeluarkan masing-masing senjata agar mampu membunuh monster dan menjadi pemburu monster yang hebat. Tidak seperti gerakan-gerakan karakter di game lain yang mampu menembak laser, terbang, dan lain-lain sehingga dapat mengalahkan musuhnya dengan mudah, gerakan Monster Hunter benar-benar terbatas, seolah-olah karakter di Monster Hunter itu adalah manusia sungguhan. Tetapi justru itu yang membuat game ini semakin menarik, player harus memikirkan bagaimana caranya untuk membunuh monster dengan gerakan-gerakan yang terbatas itu. Monster-monster yang ada di game ini berukuran luar biasa besar. Ada yang bahkan berukuran sebesar gunung. Dan kalau gerakan-gerakan karakter playernya biasa saja, monster-monster yang menjadi lawan player kita ini mempunyai gerakan yang sangat banyak dan variatif gerakannya.

Ada yang mampu menembakkan laser, ada yang bisa terbang, ada yang bisa menyelam ke bawah tanah, dan lain-lain. Hal ini akan membuat permainan ini menjadi semakin sulit dan tentunya semakin menantang. Bila player berhasil membunuh monster-monster tersebut, player akan mendapatkan bagian-bagian dari monster tersebut seperti tanduknya, kulitnya, dan lain-lain untuk dibuat menjadi senjata. Semakin sulit monster yang dibunuh maka akan memberikan bahan senjata yang semakin bagus.

Monster Hunter terus berkembang dari tahun 2004 dimana awalnya hanya dapat dimainkan di PlayStation 2 sekarang sudah dapat dimainkan di PlayStation Portable, Wii, Nitendo 3DS, TBA, Xbox 360, PlayStation 3, bahkan sampai akhirnya game ini menjadi game online yang dapat dimainkan di komputer bahkan ada minigame Monster Hunter yang dapat dimainkan di iTouch. Sampai sekarang ini Monster Hunter telah dirilis sampai menjadi Monster Hunter 3, dan saat ini Capcom sedang berada di dalam proses mengerjakan proyek terbarunya yaitu Monster Hunter 4. Monster Hunter 4 rencananya akan dirilis ke dalam Nitendo 3DS, tetapi belum diberitakan kapan proyek ini akan selesai dan muncul dipasaran. (Audi)



21 November 2011 - 12:13:18 WIB

Dibaca : 1961

SHARE