Register Login

Festival Budaya Populer Popcon Asia 2015 Kembali Diadakan Untuk Keempat Kalinya

Popcon Asia 2015 kembali diadakan untuk keempat kalinya pada tanggal 7-9 Agustus 2015. Festival budaya populer terbesar di Asia ini secara resmi dibuka oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf pada Jumat  7 Agustus 2015.

Acara yang digelar di JakartaConvention Center ini dihadiri oleh para praktisi industri kreatif yang berpengalaman di bidang komik, games, desain grafis, mainan, film serta animasi. Dalam ajang ini mereka berkumpul untuk memperluas koneksi, berbagi pengalaman, serta berkolaborasi  untuk menciptakan proyek atau pun inovasi baru.

Grace Kusnadi, penggagas Popcon Asia serta CEO Revata menuturkan dalam sambutan Opening Ceremony Popcon Asia 2015, “Event ini merupakan wadah bagi para pegiat industri kreatif untuk berbagi pengalaman dan ilmu serta menciptakan peluang kolaborasi. Para pelaku industri kreatif yang hebat ini butuh tempat untuk saling bertemu, berjejaring serta belajar. Oleh karena itu kehadiran Popcon Asia dari tahun ke tahun selalu dinantikan oleh banyak pihak, karena begitu banyak peluang dan hal yang ditawarkan di dalam event ini.”

Popcon Asia tahun ini juga memberikan kesempatan bagi para kreator tanah air untuk bertemu dengan perusahaan industri kreatif dari negara lain. Beberapa perusahaan internasional yang bergerak di bidang industri kreatif seperti Inspidea dan Giggle Garage asal Malaysia serta Moutarde & Wasabi asal Prancis hadir selama pagelaran Popcon Asia untuk menjalin kerjasama dengan talenta lokal khususnya di bidang animasi.

Juga turut ambil bagian dalam acara ini, penerbit buku dan komik seperti LINE Webtoon, Kosmik, serta Re:on Comics yang akan menjaring penulis cerita dan komik untuk diterbitkan selama pameran.

Tidak hanya itu pengunjunh Popcon Asia 2015 juga disuguhi berbagai sesi workshop dan training yang bertujuan untuk meningkatkan keahlian mereka sebagai pekerja kreatif maupun calon pelaku yang baru akan terjun ke industri kreatif.

Selama tiga hari penyelenggaraan Popcon Asia 2015 didukung oleh lebih dari 100 artis yang tergabung dalam Artist Alley serta Lembaga seni kebudayaan seperti Korean Cultural Center (KCC), Institut Francais d’Indonesie (IFI), dan Akademi Samali. (Roy/gedoor)



07 Agustus 2015 - 15:34:36 WIB
Foto : Roy/gedoor
Dibaca : 1241

SHARE