Register Login

Sajadah Ka’bah

Siapa yang tak kenal dengan Rhoma Irama? Raja dangdut yang terkenal namanya seantero negeri hingga berbagai kesuksesannya di dunia hiburan Indonesia? Kali ini, setelah film Dawai 2 Asmara sukses dibintangi dengan putranya, Ridho Rhoma, tahun ini ia kembali bermain dalam film bernuansa drama religius. Sajadah Ka'bah. Film yang mengambil setting lokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan penggambaran masyarakat lokal di Lombok. Rhoma Irama,ikut menyutradarai film ini. Dikisahkan terdapat seorang musafir yang sedang mengunjungi masjid-masjid di Lombok dalam rangka syiar Islam. Dalam perjalannya, tanpa sengaja ia bertemu dengan seorang janda, Sohiba yang mempunyai putri bernama Saimah.

Rumah mereka dan masjid yang berada di sampingnya, rencananya akan dijadikan tempat perjudian oleh Towi, pengusaha terbesar di Lombok. Hakikat syiar dari Rhoma Irama ikut bergejolak. Ia harus menyelamatkan rumah serta masjid tersebut. Namun, usaha tersebut juga ditentang oleh putranya, Ridho Rhoma. Ridho jatuh cinta terhadap putri tunggal Towi, Rianti. Perasaan cinta yang teramat dalam Ridho kepada putri Towi, pada akhirnya harus berpisah. Mereka tak ingin durhaka kepada orang tua masing-masing. Di lain sisi, anak buah Towi mengintimidasi dan merebut sebuah sajadah bergambar Ka'bah yang ditenun oleh Sohiba.

Kain yang ditenun Sohiba, merupakan khas Lombok. Rhoma boleh mengambil sajadah tersebut dengan satu syarat. Ia harus berduel dengan Towi. Berduel dengan secara jantan ala laki-laki sasak (presean). Presean adalah pertarungan khas laki-laki suku Sasak yang mengandalkan keberanian, ketangkasan, kejujuran, disiplin, strategi, serta solidaritas dari kedua pemain. Namun, Towi menjauh dari norma presean yang ada. Pertarungan antara sisi kebaikan dan kejahatan dipertaruhkan di sini. Film yang berdurasi 107 menit ini berjenis film aksi drama namun di dalam film tetap saja terdapat tembang-tembang dari Ridho Rhoma. Setiap kesenangan dan kesedihan ditampilkan dalam suasana nyanyian. Layaknya yang terdapat dalam film Bollywood.

Film ini sedikit dibumbui seperti dalam film drama musikal. Selain mengangkat dari segi kebudayaan Lombok, Rhoma juga bertujuan ingin berdakwah lewat film ini. Uniknya juga, film ini juga terinspirasi dari kebudayaan tenun tradisional masyarakat Lombok. Penasaran kelanjutan ceritanya? Tunggu tanggal mainnya film "Sajadah Ka'bah" di bioskop terdekat kota anda. (Agnes)

Jenis film : Aksi drama
Tanggal rilis : 17 November 2011
Produksi : Falcon Pictures dan Rk23 Pictures
Produser : Erna Pelita
Sutradara : Rhoma Irama
Penulis naskah: Asep Kusdinar
Pemain : Rhoma Irama, Ida Iasha., Ruhut Poltak Sitompul, Ridho Rhoma, Michella Adlen, Leroy Oesmani, Zahwa Aqilah, H. Qomar



01 November 2011 - 18:07:22 WIB

Dibaca : 1066

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

X-The Last Moment X-The Last Moment
Kamis, 17 November 2011
Hattrick Hattrick
Jumat, 02 Maret 2012
RoboCop RoboCop
Kamis, 13 Februari 2014
The Visit (2015) The Visit (2015)
Jumat, 13 November 2015

SHARE