Register Login

Nasi Lengko Nan Mak Nyus

Anda suka sayur-sayuran? Atau anda ingin mencoba sayuran tanpa dimasak hanya dengan dicuci lalu dimakan? Nasi Lengko adalah jawabannya. Di Kota Tegal,Nasi Lengko sudah terkenal dan mendarah daging di kalangan masyarakat. Jika anda penasaran dengan prosesnya seperti apa, yuk kita lihat. Nasi Lengko yang merupakan campuran dari berbagai jenis lauk dan sayuran yang sederhana.

Namun, dengan penambahan bumbu serta kecap akan terasa nikmat dan lezatnya. Pembuatan dan penyajiaannya pun sangat sederhana. Awalnya nasi yang sudah berada di piring diberikan tempe dan tahu yang sudah digoreng dan dipotong kecil-kecil. Kemudian mentimun dan kol sebagai sayuran juga dipotong kecil-kecil. Mau melengkapinya, tambahkan saja tauge. Nah, bila semau sudah tersaji, barulah ditaburi sambal kacang di atasnya. Sambal yang diracik antara kacang dengan cabai, garam, serta gula jawa ini digerus hingga halus dan diberikan air secukupnya.

Tak hanya sampai di sana, kecap nya pun ikut menambah daftar yang ada di atas nasi itu. Terakhir barulah krupuk jenis mie yang bercampur dengan bawang goreng. Wah, terlihat menggugah selera penikmatnya. Saya pun ingin mencobanya langsung. Apalagi melihat tampilannya. Benar saja, walau hanya sesederhana itu, namun, Nasi Lengko memberikan penikmatnya untuk merasakan lezatnya cita rasa makanan. Pedas, manis, dan menyehatkan. Karena bahan yang terbuat sangat alami. Mau? (Firman)



06 Desember 2011 - 12:01:50 WIB

Dibaca : 1897

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Dapur Ibu Dapur Ibu
Kamis, 16 Februari 2012

SHARE