Register Login

Pusat Buku Bekas Di Pasar Proyek Senen

Bagi Anda yang gemar membaca buku atau yang ingin membeli buku dengan harga miring, jangan sampai dilewatkan tempat yang satu ini. Tepatnya di Pasar Proyek Senin Lantai 4 Jakarta Pusat, berjejer pedagang-pedagang buku bekas. Sebenarnya mereka adalah pedagang yang pernah berjualan di Kwitang, Kramat. Tapi sejak awal 2008 silam, lokasi penjualan mereka di pindah ke gedungini. Terdapat kurang lebih 50 pedagang yang membuka lapaknya dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore.

Sekilas dari depan gedung, mungkin akan terkesan kumuh karena memang tempat ini adalah bangunan lama. Pedagangnya pun menjual buku-bukunya tidak didalam kios yang dibatasi tembok, mereka hanya menjajakan dan menumpuknya di atas lantai. Tapi hal tersebut tampaknya malah membuat nyaman pembelinya karena bisa bebas memilih buku dengan leluasa. Kalau diperhatikan, tempat ini cukup ramai dipenuhi pengunjung. Apalagi pada sore hari, dari mulai pelajar, mahasiswa sampai pekerja kantoran datang ke sini. Pedagangnya pun sangat ramah. Buat Anda yang hanya ingin sekedar membaca-baca buku pun diperbolehkan. Berbagai jenis buku lengkap di jual disini. Mulai dari novel, kamus, ensiklopedia, biografi, komik, atlas, resep masak, dan lain-lain.

Buku langka pun juga di jual disini seperti buku prasejarah. Harganya juga bervariasi, dari yang termurah 2.000 untuk komik, sampai ratusan ribu rupiah untuk ensiklopedia. Tapi tenang saja, pembeli masih bisa menawarnya kecuali untuk buku yang sudah dibandrol dengan harga 10.000. Untuk pendapatan per harinya, pedagang disini mengaku tidak bisa memprediksinya. " Tidak bisa ditentukan omzetnya, kadang sehari tidak dapat sama sekali, kadang sejuta juga bisa," ujar Adil. Pedagang berjualan tiap hari non stop. Khusus untuk hari Sabtu dan Minggu mungkin akan lebih ramai dipadati pengunjung. Tapi, transaksi penjualan yang paling ramai dan menguntungkan pedagang adalah ketika tahun ajaran baru dimulai.

Para pelajar mulai dari SMP, SMA hingga mahasiswa mencari buku-buku pelajaran disini. Tak hanya itu, buku baru pun juga banyak dijual. Yang menarik, untuk buku baru pembeli bisa mendapat potongan harga. Hal itu dipertegas oleh Syahril, salah satu pedagang tertua di sini. "Pembeli bisa mendapat diskon antara 15% - 30% dilihat dari daftar katalog bukunya," paparnya singkat. Buku-buku bekas yang dijual disini diperoleh dengan berbagai macam cara. Ada yang menjualnya langsung ke pedagang karena sudah tak terpakai lagi di rumah atau pedagangnya langsung yang mencarinya ke berbagai tempat. (Arie)



07 Februari 2012 - 13:24:42 WIB

Dibaca : 2793

SHARE