Register Login
  1. Setasiun Jatinegara

    Setasiun Jatinegara Setasiun Jatinegara
  2. Setasiun Jatinegara

    Setasiun Jatinegara Setasiun Jatinegara
  3. Setasiun Jatinegara

    Setasiun Jatinegara Setasiun Jatinegara

Setasiun Jatinegara

Stasiun yang kita kenal dengan nama Stasiun Jatinegara, sebelum kemerdekaan bernama Stasiun Meester Cornelis, yang merupakan sosok penting dari berdirinya kawasan Jatinegara. Stasiun inimerupakan stasiun bertemunya tiga jalur, yaitu jalur ke Pasar Senen, jalur ke Manggarai, dan jalur ke Bekasi. Setiap harinya dilewati sekitar 350 kereta api.

Di dekat stasiun ini terdapat dipo lokomotif tempat perawatan serta perbaikan dan tempat menaruh gerbong-0gerbong tua yang sudah tidak terpakai. Dan pada perkembangannya kawasan ini mulai terkenal dengan aktifitas lokalisasi pada malam hari. Sebagai stasiun penghubung ke luar Jakarta, stasiun ini dilalui oleh semua KA ke berbagai kota di Pulau Jawa kecuali tentu saja ke arah Banten dan Bogor. Namun demikian, tidak semua KA yang ke luar dari Jakarta berhenti untuk menaikkan penumpang di stasiun ini.

Hanya KA ekonomi dan KA bisnis yang berhenti untuk menaikkan penumpang dalam perjalanan menuju kota-kota di Jawa, sedangkan semua KA eksekutif, kecuali KA kereta api Argo Parahyangan, KA Argo Jati, dan KA Bangunkarta tidak berhenti di sini. Tetapi, semua KA yang datang menuju Jakarta berhenti untuk menurunkan penumpang di stasiun ini. (Wikipedia). Stasiun ini merupakan salah satu stasiun yang masih tetap mempertahankan ciri khasnya yakni bangunan konsep colonial selain Stasiun Jakarta Kota di Jakarta Barat. Dan bangunan stasiun merupakan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah kota. (Roy)



01 Februari 2012 - 14:51:46 WIB
Foto : Roy / GeDoor.com
Dibaca : 1218
  • Jl. Raya Bekasi Barat, Jatinegara, Jakarta Timur
  • 021-8192318
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Museum Nasional (Arca) Museum Nasional (Arca)
Jumat, 12 Agustus 2011
Sekatenan Jogjakarta Sekatenan Jogjakarta
Rabu, 07 Maret 2012
Gedung Metropole Gedung Metropole
Rabu, 14 September 2011
Restoran Unik Di Dunia Restoran Unik Di Dunia
Jumat, 21 Oktober 2011

SHARE