Register Login
  1. Sekatenan Jogjakarta

    Sekatenan Jogjakarta Sekatenan Jogjakarta
  2. Sekatenan Jogjakarta

    Sekatenan Jogjakarta Sekatenan Jogjakarta
  3. Sekatenan Jogjakarta

    Sekatenan Jogjakarta Sekatenan Jogjakarta
  4. Sekatenan Jogjakarta

    Sekatenan Jogjakarta Sekatenan Jogjakarta

Sekatenan Jogjakarta

Sekaten dengan sebutan lain Syahadatain adalah acara peringatan bagi umat Islam terhadap kelahiran Nabi Muhammad SAW. Diperingati setiap bulan Mulud dalam perhitungan Jawa (Rabiul awal tahun Hijriah) biasa dilaksanakan di Alun-Alun Utara Keraton Surakarta maupun Keraton Jogjakarta. Awalnya Sebagai bagian dari syiar agama Islam yang selalu dilakukan SultanHamengkubuwono I, Pendiri sekaligus raja Keraton Jogjakarta.

Upacara Diawali saat malam hari dengan iring-iringan abdi Dalem( Punggawa Keraton)seiring pula tabuhan dua set gamelan Jawa, Gamelan Kyai Nogowilogo dan Kyai Gunturmadu. Iring- iringan ini berawal dari Pendopo Ponconiti menuju Masjid Agung, Alun- Alun Utara. Gamelan Kyai Nogowilogo menempati sisi Utara Masjid agung, sementara Gamelan Kyai Gunturmadu menempati Pagongan sisi Selatan Masjid Agung. Kedua gamelan ini kemudian dimainkan hingga 7 hari berturut turut dan kemudian dikembalikan ke dalam Keraton.

Acara Puncaknya ditandai dengan Grebeg Muludan yang diadakan tanggal 12 sesuai dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW, mulai Pukul 8.00 Pagi. Grebeg Muludan berupa gunungan hasil bumi, setelah didoa kan sebagai lambang kesejahterahan kerajaan Mataram kemudian dibagikan kepada masyarakat yang sebagian besar menganggap gunungan ini akan mendatangkan berkah bagi mereka yang percaya. Dua hari sebelum acara Grebeg Muludan, adapun upacara Tumplak wajik diadakan dihalaman istana Magangan pada jam 16.00 Wib. upacara ini berupa Kotekan atau permainan lagu dengan alat musik dari kentongan dan Lumpang penumbuk padi. Lagu- lagu yang dinyanyikan ini adalah lagu-lagu Jawa seperti : Lompong Keli, Tundhung setan, Owal-owil, atau lagu- lagu rakyat lainnya. Setelah upacara Sekatenan.

Satu rangkaian dengan peringatan hari maulud tersebut diadakan pula ber bagai atraksi kesenian tradisional seperti Jathilan, Reog Ponorogo, Serta tari-tarian dan musik tradisional. Diramaikan dengan dibukan nya pasar malam atau pasar rakyat di area lapangan Alun-Alun Utara. Dipasar malam itu beragam pula barang dan makanan yang dijajakan. Tentunya makanan yang dapat menemani anda pada saat sedang melihat barang yang dijajakan. Seperti pakaian, mainan anak anak, bermacam asesoris. Disamping itu disediakan pula Komedi putar berikut satu set permainan untuk keluarga berikut Panggung hiburan disetiap malamnya agar suasana bertambah marak. (Tunggul)



07 Maret 2012 - 17:20:23 WIB
Foto : Istimewa
Dibaca : 1139
  • Kraton Jogjakarta
  • Maps

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Kota Wisata Cibubur (Fantasy Island) Kota Wisata Cibubur (Fantasy Island)
Kamis, 25 Agustus 2011
Ritual Pasola Sumba Barat Ritual Pasola Sumba Barat
Selasa, 13 Maret 2012
Pusat Primata Schmutzer Pusat Primata Schmutzer
Selasa, 28 Juni 2011
Arena Pertunjukan Ular Ragunan Arena Pertunjukan Ular Ragunan
Selasa, 28 Juni 2011

SHARE