Register Login

8th Eagle Awards Documentary Competition

"INDONESIA TANGGUH" Berada di area lingkaran Cincin Api Pacific (Ring Of Fire) membuat negeri ini rentan terhadap ancaman bencana. Gempa bumi, tsunami, letusan gunung merapi, beberapa tahun belakangan ini menjadi catatan rentetan bencana yang senantiasa menghantui negeri ini.

Selain bencana yang sifatnya alami (Natural Disaster) kita juga dihadapkan pada kondisi kebencanaan yang disebabkan oleh ulah - ulah manusia (Human Error) seperti banjir, kebakaran hutan hingga kerusuhan massa sangat sering terjadi belakangan ini. Bencana memang sesuatu yang sangat merugikan namun bukan sesuatu yang hanya bisa kita takutkan namun harus menjadi sesuatu yang dapat kita hadapi dan carikan solusinya. Kemiskinan, kesulitan hidup masyarakat pinggiran atau pedalaman juga merupakan bencana menahun yang selalu dialami sebagian masyarakat marjinal dinegeri ini, yang hingga saat ini masih belum teratasi.

Bencana yang sering kita hadapi harusnya membuat bangsa ini lebih kuat, lebih tangguh. Melalui tema "Indonesia Tangguh" dalam 8th Eagle Awards 2012 diharap mampu memotret isu kebencanaan dari berbagai sudut pandang. Sehingga melalui film-film dokumenter Eagle Awards dapat lahir sebuah sajian karya yang tidak hanya menghibur namun dapat menginspirasi, mengedukasi tentang bagaimana seharusnya bangsa ini bersikap dalam menghadapi persoalan ke-bencanaan Metro TV kembali menyelenggarakan Eagle Awards Documentary Competition, sebuah ajang pelatihan, produksi dan kompetisi film dokumenter bagi pemula. Eagle Award Documentary Competition saat ini telah memasuki tahun ke-8.

 Eagle Award Documentary Competition telah memasuki tahap kegiatan Roadshow. Berbagai bentuk kegiatan Roadshow yang akan diadakan antara lain kegiatan Meet The Eagles – Berbagi Cerita, yang merupakan kegiatan diskusi ringan interaktif dengan salah satu anggota finalis Eagle Awards Documentary Competition, Screening yaitu pemutaran film – film terbaik Eagle Awards dari tahun 2005 hingga 2011, dan akan dilaksanakan dalam 3 sesi. Lalu, ada pula kegiatan Eagle Awards Coaching Clinic yaitu workshop pembuatan proposal dokumenter untuk Eagle Awards.

 setelah sukses diadakan di kota sebelumnya yaitu di kota Padang Panjang, Palembang, Makassar, selanjutnya roadshow di gelar di Bogor tanggal 18 Maret 2012, Jakarta tanggal 29 Maret 2012, Aceh tanggal 6-7 April 2012 Bogor menjadi kota tujuan ke-4 untuk kegiatan roadshow Eagle Awards Documentary Competition 2012, pada tanggal 18 Maret 2012 roadshow akan dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dimulai pada pukul 09.00 – 13.00 wib di Kampus INstitute Pertanian Bogor dengan menghadirkan pembicara antara lain Gerzon Ayawaila ( Produser/Sutradara Film Dokumenter) dan Tedika Puri Amanda (Alumni EA2007/ News Magazine - Metro TV). Sesi kedua dilanjutkan pada pukul 13.00 – 17.00 wib dengan menghadirkan Gerzon Ayawaila (Produser/Sutradara Film Dokumenter), Tedika Puriamanda (Alumni EA2007/ News Magazine - Metro TV), Tomi Almijun Kibu (Sutradara Beasiswa Ala Bajau, 2010) dan Agra Adiprayogo (Sutradara Sang Pengumpul Asap, 2010), dan roadshow dipandu oleh Prita Laura (Presenter Metro TV).

 Acara Roadshow ini Sifatnya GRATIS!! Selanjutnya roadshow akan berlanjut ke kota Jakarta dan Aceh Untuk mengikuti kegiatan – kegiatan Eagle Awards Documentary Competition 2012, kunjungi websitenya di
PENDAFTARAN EAGLE AWARDS 2012 INDONESIA TANGGUH Pendaftaran pengiriman proposal untuk mengikuti Eagle Awards Documentary Competition 2012 telah dibuka mulai tanggal 16 Maret 2012 dan ditutup pada tanggal 26 April 2012 pukul 18.00 WIB dengan persyaratan sbb:
PERSYARATAN UMUM:
  • WNI yang berdomisili di Indonesia berusia 20 – 35 tahun.
  • Lulusan sekolah tinggi (Akademi,Institut,Perguruan Tinggi)atau sedang kuliah (berstatus mahasiswa)/ minimal pernah kuliah selama 4 semester
  • Belum pernah menjadi finalis Eagle Awards.
  • Belum pernah menjuarai kompetisi film dokumenter tingkat nasional dan atau internasional.
  • Bukan tenaga profesional di lembaga Broadcasting atau Film (dan, atau sedang bekerja di lembaga tersebut) kecuali mereka yang aktif di TV Komunitas.
  • Mendaftarkan diri sebagai tim yang terdiri dari 2 orang.
  • Memiliki motivasi dan komitmen yang kuat untuk mempelajari pembuatan film dokumenter dan bercita – cita menjadi pembuat film dokumenter.
  • Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap yang berisi semua keterangan mengenai data diri, proposal film yang diajukan dan data riset, serta foto copy KTP yang dikirimkan kepada panitia dalam satu paket pengiriman.
PERSYARATAN KHUSUS:
  • Form Proposal yang diajukan bertema "IndonesiaTangguh"
  • Form proposal yang diajukan harus memiliki ide cerita yang menarik, sudut pandang yang unik serta data-data riset yang kuat
  • Form Proposal tersebut memungkinkan untuk di wujudkan ke dalam film dokumenter berdurasi 24 menit.
  • Calon penerima beasiswa bersedia mengikuti rangkaian kegiatan Eagle Awards secara penuh yang terdiri dari seleksi, pelatihan, produksi, pasca produksi film dokumenter hingga malam anugerah Eagle Awards menurut jadwal yang ditentukan oleh pihak penyelenggara.
  • Menyetujui hak bahwa untuk setiap dan semua bagian yang telah diberikan kepada panitia Eagle Awards dalam bentuk tertulis, tercetak, tersiar, terekam di pita dan versi elektronik lainnya yang merupakan hasil dari pengerjaan proyek dipegang sepenuhnya oleh MetroTV.
  • Mengikuti seluruh rangkaian kegiatan On Air dan Off Air yang diadakan oleh Metro TV dalam rangka sosialisasi, meningkatkan kesadaran, dan promosi program Eagle Awards.
BATAS WAKTU PENDAFTARAN Pendaftaran dibuka dari tanggal 16 Maret 2012. Proposal paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 26 April 2012 pukul 18.00 WIB. (Tunggul)



02 April 2012 - 11:51:46 WIB
Foto : Tunggul / GeDoor.com
Dibaca : 1699

SHARE