Register Login

Pameran Kerajinan Indonesia Katumbiri Expo 2014

Katumbiri Expo 2014 merupakan digelar dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional. Pameran yang digelar di Jakarta Convention Center atau JCC, Jakarta, mulai dari 10-14 Desember2014 ini berisikan pameran kreasi dan hasil kreativitas para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) seluruh Indonesia.  

“Katumbiri” sendiri memiliki arti “pelangi”, sebuah kata yang menjadi inspirasi penyelenggaraan dalam pelaksanaan pameran yang bernuansa pelangi dengan menampilkan berbagai ragam keindahan kerajinan dari seluruh pelosok nusantara.

Segala produk kerajinan tekstil, berbagai aksesoris seperti gelang, kalung, giwang hingga sandal dan sepatu, aneka produk herbal, spa dan kosmetika berbasis tradisi dan kearifan lokal dipamerkan di sini. Pameran ini didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda.
 

Industri kreatif sendiri memang menjadi salah satu promosi tengah digencarkan oleh pemerintah. Pengembangan ekonomi kreatif dengan salah satu targetnya berdampak pada pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah (IKM), selain menyerap banyak tenaga kerja juga merangsang kecintaan terhadap produk-produk berbasis kearifan lokal tanah air.

Salah satu contoh industri yang berkecimpung dalam pameran ini adalah sektor Batik. Sektor ini adalah salah satu jenis industri kreatif yang memiliki perkembangan yang pesat selain industri kerajinan tangan, dilihat dari setiap tahunnya perusahaan batik di dalam negeri yang terus bertambah.
 

Berbagai helatan serupa banyak digalakkan untuk menuju “Indonesia Kreatif”, seperti Pekan Produk Kreatif dan Pameran Ekonomi Kreatif yang berlangsung setiap tahunnya. Semakin banyak momentum yang menampung dan memamerkan produk kreativitas anak bangsa selain sangat berkontribusi pada ekonomi nasional juga akan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap produk-produk dalam negeri. (Fakhruddin Abd/geDoor)
   



11 Desember 2014 - 17:14:53 WIB
Foto : Falhruddin Abd/gedoor
Dibaca : 1219

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

IROO Kini Hadir Di Plaza Senayan IROO Kini Hadir Di Plaza Senayan
Jumat, 18 Juli 2014
Jenis-Jenis Ikat Pinggang Jenis-Jenis Ikat Pinggang
Rabu, 15 Februari 2012

SHARE