Register Login

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot Tahu Gejrot adalah makanan khas dari daerah Cirebon namun digemari banyak masyarakat di luar dari daerah Cirebon contohnya saja warga Jakarta. Tahu gejrot tak hanya dijual di Cirebon, banyak masyarakatCirebon yang meninggalkan daerahnya untuk berjualan tahu gejrot di berbagai daerah, termasuk di Bandung dan Jakarta.

Bahan utamanya tahu Kempros (kosong tanpa isi) yang dulunya hanya diproduksi di daerah Ciledug Kabupaten Cirebon ini, dari rasa dan bentuknya memang berbeda dengan jenis tahu yang dibuat di daerah lain. Warna tahunya cokelat muda, tahu Kempos yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang merah, gula.

Biasanya disajikan di layah (piring kecil terbuat dari tanah liat). Pembuatan Tahu Gejrot juga cukup menarik bila diamati, pasti si penjual akan menanyakan sebelum memulai mengolah tahu ini "pedas apa tidak".

Selanjutnya si pedagang akan mengulek cabai hijau rawit, bawang putih, bawang merah, dan gula merah secukupnya di dalam wadah yang juga terbuat dari tanah liat. Lalu disiram dengan kuah air gula merah berbumbu. Tahu getjrot menjadi bertambah unik ketika menyantapnya tidak membutuhkan sendok.

Cukup dengan lidi kecil atau tusuk gigi untuk mengangkat potongan tahu. Oh iya sekedar info saja saya menemukan pedangang Tahu Gejrot ini di lokasi Pasar Baroe, Jakarta Pusat. Tahu Gejrot di tempat ini sedikit berbeda dari yang pernah saya cicipi di tempat lain.

Perbedaannya terletak di bahan tahu yang digunakan cukup besar tidak seperti kebanyakan Tahu Gejrot di tempat lain. Menurut pedagang tahu nya merupakan buatan sendiri dan digoreng dengan tidak menggunakan minyak bekas jadi tidak hitam seperti kebanyakan tahu yang lain, jadi cukup sehat kan. (Roy) 




13 Juli 2012 - 13:20:16 WIB

Dibaca : 1350

SHARE