Register Login

Ikan Cupang Hias

Ikan Cupang Atau Nama Latinnya Betta Sp Merupakan Jenis Ikan Air Tawar Yang Habitat Asalnya Adalah Dari Beberapa Negara Di Asia Tenggara, Antara Lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Dan Vietnam. Ikan Ini Mempunyai Bentuk Dan Karakter Yang Unik Dan Cenderung Agresif Dalam Mempertahankan Wilayahnya. Di Kalangan Penggemar, Ikan Cupang Umumnya TerbagiAtas Tiga Golongan, Yaitu Cupang Hias, Cupang Aduan, Dan Cupang Liar. Di Indonesia Terdapat Ikan Cupang Asli, Salah Satunya Adalah Betta Channoides Yang Ditemukan Di Pampang, Kalimantan Timur. Ikan Cupang Adalah Salah Satu Ikan Yang Kuat Bertahan Hidup Dalam Waktu Lama Sehingga Apabila Ikan Tersebut Ditempatkan Di Wadah Dengan Volume Air Sedikit Dan Tanpa Adanya Alat Sirkulasi Udara (aerator), Ikan Ini Masih Dapat Bertahan Hidup. 
Ikan Cupang Hias Cupang Hias Dibagi Lagi Menjadi Beberapa Jenis, Yaitu: 
• Halfmoon (setengah Bulan), cupang Jenis Ini Memiliki Sirip Dan Ekor Yang Lebar Dan Simetris Menyerupai Bentuk Bulan Setengah. Jenis Cupang Ini Pertama Kali Dibudidaya Di Amerika Serikat Oleh Peter Goettner Pada Tahun 1982. • Crowntail (ekor Mahkota) Atau Serit, Cupang Jenis Ini Pertama Kali Dibudidayakan Oleh Seorang Peternak Cupang Yang Tinggal Di Daerah Jakarta Barat, Tepatnya Di Daerah Slipi Sekitar Tahun 1968. Ciri Utamanya Adalah Sirip Dan Ekornya Yang Menyerupai Sisir Sehingga Di Namakan Serit. • Double Tail (ekor Ganda) • Plakat Halfmoon • Giant (cupang Raksasa), Cupang Jenis Ini Merupakan Hasil Perkawinan Silang Antara Cupang Biasa Dengan Cupang Alam, Cupang Jenis Ini Ukurannya Bisa Mencapai 12 Cm. 

Ikan Cupang Hias Memang Merupakan Salah Satu Jenis Ikan Hias Yang Banyak Disukai Karena Bentuknya Yang Cantik. Di Beberapa Pasar Ikan Hias Salah Satunya Pasar Ikan Jatinegara, Cupang Hias Juga Banyak Dijumpai (kebanyakan Di Bagian Depan Pasar). Di Tempat Ini Banyak Jenis Cupang Yang Di Jual Mulai Dari Cupang Hias, Aduan, Sampai Cupang Kampung/liar. Harga Jual Ikan Cupang Berbeda-beda Tergantung Jenisnya. Misalnya Cupang Aduan, Yang Biasa Hanya Dihargai Rp 5.000-Rp 10.000 Yang Lebih Bagus Sedikit Sekitar Rp 20.000 Namun Ada Juga Cupang Aduan Yang Hingga Ratusan Ribu Rupiah Harganya. Namun Menurut Saya Tinggal Pandai-pandai Saja Anda Memilih Cupang Aduan Yang Anda Inginkan. Sedangkan Harga Cupang Hias Rata-rata Rp 15.000- Ratusan Ribu Rupiah Tergantung Jenis Cupang Hiasnya Dan Kecantikan Dari Ikan Itu Sendiri. (Roy)



07 September 2012 - 12:58:33 WIB

Dibaca : 8152

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Gaya Hidup Sehat Bersama Rumah Yoga Gaya Hidup Sehat Bersama Rumah Yoga
Kamis, 09 Oktober 2014
Indonesia Game Show (IGS) 2014 Indonesia Game Show (IGS) 2014
Senin, 18 Agustus 2014

SHARE