Register Login

Kidzania: Rekreasi Berkonsep Edutaiment

Semakin majunya teknologi saat ini membuat anak-anak cenderung lebih memilih bermain video game atau gadget untuk mengisi waktu luangnya. Sehingga membuat mereka jarang berinteraksi dengan teman sebaya. Untuk mengalihkan anak dari kecanduan bermain video game atau gadget, orang tua perlu mengajak anaknyaberekreasi sambil belajar. Salah satu tempat di tengah kota Jakarta yang menyediakan tempat rekreasi dengan konsep edutainment yang unik bagi anak-anak usia 2-16 tahun adalah Kidzania.

Kidzania adalah sebuah pusat rekreasi yang dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya, namun dalam ukuran yang disesuaikan dengan anak-anak, lengkap dengan jalan raya, bangunan, ritel juga berbagai kendaraan yang berjalan disekeliling kota. Kidzania yang berlokasi di Pasific Place Shopping Mall Lt.6, Jl. Jend. Sudirman Kav 52 - 53, kawasan Niaga Sudirman ( SCBD ), jakarta selatan merupakan tempat rekreasi indoor.

Di Kidzania, anak-anak memainkan peran orang dewasa sambil mempelajari berbagai profesi. Misalnya, menjadi pemadam kebakaran, dokter, pilot, perawat, pekerja konstruksi, pemain teater, dan lebih dari 100 jenis profesi dan pakaian pekerjaan orang dewasa lainnya. Di area Kidzania terdapat bangunan-bangunan yang umumnya terdapat disebuah kota, seperti rumah sakit, supermarket, salon, teater, kawasan industri, pom bensin, kantor polisi, pemadam kebakaran, dan banyak lagi. Semua fasilitas ini memungkinkan anak-anak untuk mengambil inisiatif dan melakukan apa saja kegiatan yang mereka ingin lakukan, dan orang tua yang menemani tidak boleh masuk establishment atau berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Namun, para orang tua atau dewasa didorong untuk menjadi bagian dari penonton teater dan stasiun TV, dan para orang tua akan melihat lansung aktivitas dan prestasi anak-anak yang melakukan kegiatan atau pekerjaa akan mendapat bayaran/gaji dari tempat dimana ia melakukan pekerjaan. Di Kidzania menyediakan mata uang yang hanya berlaku di area rekreasi ini saja, nama mata uang tersebut adalah Kidzos. Dengan adanya tempat rekreasi edutainment ini, para orang tua bisa menyalurkan hobi anak-anak dengan lebih positif dan membangun mental seorang anak untuk belajar menjadi seorang dewasa. ( Angga W. Wardani/geDoor.com )



23 Agustus 2013 - 16:10:30 WIB
Foto : Angga W. Wardani/geDoor.com
Dibaca : 2579

SHARE