Register Login
  1. Es Goyang

    Es Goyang Es Goyang
  2. Es Goyang

    Es Goyang Es Goyang
  3. Es Goyang

    Es Goyang Es Goyang
  4. Es Goyang

    Es Goyang Es Goyang
  5. Es Goyang

    Es Goyang Es Goyang

Buka Puasa Dengan Es Legendaris

Es langka, susah di cari, legendaris, kenangan masa kecil, banyak kata untuk mewakili es yang satu ini. Es Goyang begitu banyak orang menyebutnya. Es yang satu ini keberadaannya di kota Jakarta ini sudah amat langka, cukup beruntung anda apabila bisa mencicipies yang satu ini. Kata “goyang” diambil dari sebuah gerakan ketika si penjaja es sedang membuat es ini di gerobak tempat penyajiannya.

Tujuan menggoyang adalah agar es cepat membeku, karena pada bagian bawah cetakan es terdapat air dengan potongan-potongan es serta tambahan garam di dalamnya. Es goyang ini disajikan dalam berbagai macam pilihan rasa seperti cokelat, strawberry, ketan hitam, kacang hijau, kelapa muda, nangka, alpukat sampai durian.

Untuk memberikan citarasa yang lebih, es batangan ini dicelupkan ke dalam cokelat cair yang tipis, lalu ditaburi cincangan kacang tanah sangrai yang renyah. Dinginnya es krim menyatu dengan balutan cokelat cair yang manis dan kacang tanah yang renyah membuat rasa es semakin nikmat. Es krim ini dicetak berbentuk persegi panjang dalam ukuran yang besar. Cara membuatnya tidak sulit. Semua bahan dijadikan satu, dicampur rata dan dimasak sampai mendidih. Setelah selesai, siapkan  cetakan berbentuk persegi panjang dan boks berisi pecahan es batu. Tuangkan adonan ke dalam cetakan satu persatu dan masukkan cetakan ke dalam boks berisi pecahan es batu.

Seperti namanya, jika ingin lekas beku, goyang-goyangkan selama kurang lebih 5 menit. Lalu, tancapkan tusukan sate atau stik es krim. Harga Es Goyang sekarang ini rata-rata Rp 2.000 satuannya. Nah apabila anda melintasi kawasan Senen anda bisa merapatkan kendaraan di sekolah Penabur.

Di bagian depan sekolah terdapat penjual Es Goyang ini, menurut penjual ia sudah beberapa tahun berjualan di sekolah ini. Kalau mengenai es ini, semua bahan baku ditanggung oleh “bos” (pemilik gerobak dan penyedia bahan-bahan). Cuma ada tiga pedagang yang ia ketahui dan yang lainnya rata-rata menjajakan Es Goyang ini dengan cara berkeliling. (Roy)  

Rekomendasi Tempat Es Goyang di Jajakan : Depan Sekolah Penabur, Kalilio, Senen, Jakarta Pusat



30 Juni 2014 - 13:54:36 WIB
Foto : Roy/gedoor
Dibaca : 1639

SHARE