Register Login

Kompetisi Piano Internasional Ananda Sukarlan Award 2014

Bulan ini tepatnya tanggal 23-28 Juni 2014 merupakan moment yang  ditunggu para pianis klasik muda Indonesia. Pasalnya, kompetisi piano internasional paling bergengsi di nusantara yang diselenggarakan tiap 2 tahun Ananda Sukarlan Award (ASA) akan diadakan kembali untuk yang ke-4 kalinya.

Kali ini 102 peserta pianis muda terbaik dari 6 negara akan mengikutinya untuk memperebutkan  hadiah total Rp 52.500.000 dan exposure yang cukup penting dan luas untuk memulai karir di duniamusik klasik, serta "summer course" ke Perancis sponsor dari Kedutaan Besar Perancis, Institut Francais Indonesia (IFI). Istituto Italiano di Cultura Jakarta juga memberi dukungan dengan memberikan beasiswa belajar bahasa Italy untuk para pemenang kompetisi ini.
 

Ananda juga telah mengundang para pianis terkemuka Luca Chiantore (Italia), Dr. Bo Kyung Kim (Korea Selatan), Dr. Kazuha Nakahara (Jepang) dan Henoch Kristianto (Indonesia) untuk duduk bersamanya di dewan juri. Dr. Luca Chiantore yang terkenal dengan buku biografinya tentang Beethoven, yang antara lain membuktikan bahwa karya piano "Fur Elise" itu ternyata ditulis bukan oleh Beethoven, juga akan memberi seminar pada hari Minggu 22 Juni 2014, membicarakan sejarah teknik permainan piano sejak abad 18, termasuk pembaharuan yang telah diciptakan oleh Ananda Sukarlan di karya-karya "Rapsodia Nusantara" no. 1-14.

Para pemenang edisi sebelumnya (Inge Buniardi-2008 dan Edith Widayani -2010, dua-duanya sedang kuliah S3 dan S2 di Amerika dengan beasiswa) kini telah melanglang buana, konser di berbagai negara dan gedung prestisius seperti Carnegie Hall di New York. Pemenang terakhir 2 tahun yang lalu, Randy Ryan yang kini berusia 19 tahun pun telah diterima dengan beasiswa di sekolah musik top di A.S, Juilliard School di New York.    Istimewanya ASA tahun ini yang akan diadakan di Pusat Kebudayaan Belanda, Erasmus Huis, Jakarta yang juga turut mendukung kompetisi bergengsi ini, menuntut para finalisnya bermain menjadi solois dengan orkes. Final ini akan diadakan di Soehanna Hall-Graha Energy, Sabtu 28 Juni 2014 mulai pukul 2 siang sampai 4 sore, dilanjutkan dengan pengumuman dan Gala Konser pukul 7 malam.

Di Gala Konser itu Edith Widayani akan mempersembahkan pertunjukan perdana karya Ananda untuk piano dan orkes yang virtuosik, Fantasy on I. Marzuki's "Indonesia Pusaka". Ananda Sukarlan telah menunjuk dirigen wanita muda yang berbakat Angela Astri Soemantri untuk memimpin orkes di final dan konser gala penutupnya.  

Selain kategori Senior yang terkenal sangat "berat", akan ada beberapa kategori lainnya yang lebih junior, untuk memberi kesempatan ke para pianis dibawah usia 16 tahun untuk mulai "mencicipi" berkompetisi.  Ananda berharap dengan kompetisi ini Indonesia akan menjadi bagian penting dalam perkembangan musik sastra dunia, yang ia yakinkan masa depannya adalah di Asia.   

Untuk info lebih lanjut silakan cek di http://anandasukarlancenter.com . Ananda pun dapat langsung dihubungi lewat twitternya @anandasukarlan. ASA diselenggarakan atas kerjasama dengan Yayasan Musik Sastra Indonesia (YMSI), Kedutaan Besar Perancis dan Italia, Pusat Kebudayaan Belanda, Soehana Hall, Femina Group dan Musica Piacere.                 



16 Juni 2014 - 15:34:07 WIB
Foto : Istimewa
Dibaca : 2334

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Electro Run 2014 Electro Run 2014
Selasa, 03 Juni 2014
Puspita Women Expo 2015 Puspita Women Expo 2015
Senin, 12 Oktober 2015
HUT Jakarta ke-484 HUT Jakarta ke-484
Senin, 04 Juli 2011

SHARE