Register Login
  1. Ruwat Rambut Gembel Primadona Dieng Culture Festival 2014

    Ruwat Rambut Gembel Primadona Dieng Culture Festival 2014 Ruwat Rambut Gembel Primadona Dieng Culture Festival 2014
  2. Cukur Rambut Gembel Primadona Dieng Culture Festival 2014

    Cukur Rambut Gembel Primadona Dieng Culture Festival 2014 Cukur Rambut Gembel Primadona Dieng Culture Festival 2014
  3. Wisata Festival Di Jawa Tengah

    Wisata Festival Di Jawa Tengah Wisata Festival Di Jawa Tengah
  4. Dieng Culture Festival 2014

     Dieng Culture Festival 2014  Dieng Culture Festival 2014
  5. Cukur Rambut Gembel Primadona Dieng

    Cukur Rambut Gembel Primadona Dieng Cukur Rambut Gembel Primadona Dieng

Cukur Rambut Gembel Jadi Primadona Dieng Culture Festival 2014

Festival Budaya di dataran tertinggi nomor dua di dunia setelah dataran tinggi Nepal ini diharapkan bisa menjadi magnet baru wisata di Jawa Tengah. DCF atau Dieng Culture Festival adalah sebuah event yang diselenggarakan atas kerjasama Equator Sinergi Indonesia, Pokdarwis Dieng Pandawa dan Dieng EcoTourism.

Dieng Culture Festival merupakan gabungan konsep budaya dengan wahana wisata alam, dengan misi pemberdayaan ekonomi masyarakat Dieng yang juga menjadi penyelenggara festival ini.
Festival yang secara rutin diadakan sejak tahun 2010 ini telah menyedot perhatian wisatawan, baik domestik maupun mancanegara dalam 5 periode penyelenggaraan DCF ini.

Dieng Culture Festival selalu menyuguhkan Perpaduan seni tradisi, kekayaan budaya menjadi kemasan yang menarik selain itu selalu ada yang baru pada setiap tahun pergelaran festival yang juga dijadikan sarana oleh pemerintah setempat untuk melestarikan adat istiadat yang mulai luntur karena tergerus jaman.
Salah satu acara yang digelar adalah Napak Tilas budaya dimulai dari Candi Dwarawati lalu menuju komplek Candi Arjuna, Candi Gatot Kaca, Candi Bima, Sendang Maerokoco, Telaga Balaikambang, Kawah Sikidang, Komplek Pertapaan Mandalasari (komplek goa yang terdapat di sekitaran Telaga Warna), Kali Pepek dan Komplek Pemakaman Dieng.

Dengan rute perjalanan yang memiliki banyak muatan sejarah ini DFC makin tahun makin menarik minat pengunjung dari dalam dan luar negeri.
Salah satu Kirab budaya yang ditampilkan dan menjadi primadona dari acara ini adalah Prosesi Pencukuran Anak Rambut Gembel. Prosesi ini dimulai dari Jamasan, Pencukuran Anak Rambut Gembel, Ngalap Berkah dan Pelarungan Rambut Gembel di Telaga Warna Dieng. Kegiatan tradisi ini telah menjadi turun menurun bagi penduduk desa yang memiliki anak yang tumbuh dengan model rambut gimbal.

Beberapa agenda acara yang juga tak kalah menarik antara lain; Minum Purwaceng Massal, Gelar Budaya Nasional, Gelar Budaya Tradisional, Pagelaran Wayang Kulit Pekaliran Ringkes, Screening Film yang dibagi menjadi 5 session dan Penganugrahan Kompetisi Film Dieng.

Pagelaran budaya yang digelar selama dua hari sejak tanggal 30-31 Agustus 2014 ini memberlakukan tiket untuk setiap pengunjung acara ini dengan harga 125 ribu/ orang. Sebuah perjalanan yang tak hanya memanjakan mata karena keindahan tapi juga memperkaya wawasan kebudayaan negeri ini. (Fakhruddin Abd/ geDoor)
 



02 September 2014 - 11:09:12 WIB
Foto : Fakhruddin Abd/gedoor
Dibaca : 1627

SHARE