Register Login

Avip Priatna Gelar Konser 50 Years of Blessing, Rangkuman Perjalanannya Di Dunia Orkestra Indonesia

Helatan yang akan digelar di Balai Resital Kertanegara Jakarta pada 24 Januari 2015 ini sejatinya adalah cerminan perjalanan panjang prestasi Avip Priatna sekaligus untuk lebih mengenalkan dan mengajak composer dan konduktor muda Indonesia untuk terus ikut serta menunjukkan minat, talenta dan prestasinya.  

Rangkaian gelaran akbar yang diprakarsai The Resonanz Music Studio dan didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini juga sekaligus sebagaiungkapan rasa syukur Direktur Musik The Resonanz Music Studio serta konduktor Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singer itu dalam memasuki usianya yang ke-50.  

Konser 50 year of blessing ini merupakan gala konser yang juga akan menampilkan karya pemenang Kompetisi Komposisi dan Kompetisi Konduktor Paduan Suara ini adalah puncak dari serangkaian acara yang telah berlangsung sejak desember 2014 silam seperti Kompetisi Komposisi Musik, Kompetisi Dirigen Paduan Suara, Pesta Paduan Suara.  

Selain Komposer muda dan Konduktor muda yang akan tampil dalam hajatan music yang masuk kategori music klasik ini juga akan tampil  beberapa paduan suara yang berprestasi antaralainnya; Paduan Suara Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan, The Resonanz Children Choir, Shantel Vocal Ensamble, Paduan Suara Universitas Tarumanegara, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha & Perbanas dan Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara.

Selain itu nama-nama seperti Aning Katamsi, Iswargia R. Sudarno, Farman Purnama dan Oerip Santoso yang merupakan ‘tokoh spesial’ dalam perjalanan hidup konduktor yang memperoleh gelar masternya dari University of Music and Performing Art di Wina , Austria ini juga akan ikut andil dalam helatan akbar ini.
 

Sekilas tentang sosok Avip dalam Priatna, konduktor kelahiran Kota Hujan Bogor yang melanjutkan pendidikannya di University of Music and Performing Art di Wina , Austria dengan bantuan dari Pemerintah Austria dan beasiswa dari Rotary Club ini belajar langsung  choir conducting dari Prof, Gunther Theuring serta orchestral conducting dari dirigen terkenal, Leopold Hager.  

Dan beberapa  prestasi yang ditorehkannya antaralain Konduktor terbaik dalam kompetisi  paduan suara Internasional 57 Certamen Internacional de Habaneras y Polifonia di Torrevieja, Spanyol, Juli 2011. Diajang yang sama, ajang kompetisi yang telah diselenggarakan sejak tahun 1955 ini bersama Batavia Madrigal Singers berhasil meraih empat penghargaan lain.

Lalu kembali terpilih menjadi konduktor terbaik pada 34th International May Choir Competition “Prof. Georgi Dimitriv” di Varna, Bulgaria, Mei 2012. Diajang yang juga merupakan salah satu kompetisi dalam seri European Grand Prix for Coral Singing ini, bersama Batavia Madrigal singers (BMS) berhasil keluar sebagai juara umum, setelah menjadi juara pertama dalam kategori Mixed Chamber Choir (Paduan Suara Campuran) serta nilai tertinggi dalam kategori Chamber Choir (koor kecil). Dan pada 2013, di Arezzo – Italia, BMS berhasil menjadi finalis di European Grand Prix for Coral Singing 2013. (Fakhruddin Abd/geDoor)
   



22 Januari 2015 - 10:19:46 WIB
Foto : Fakhruddin Abd/gedoor
Dibaca : 1076

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Deep & Extreme Indonesia 2016 Deep & Extreme Indonesia 2016
Sabtu, 02 April 2016
Jakarta Blues Festival 2011 Jakarta Blues Festival 2011
Jumat, 25 November 2011

SHARE