Register Login
  1. Konser Ensemble Modern Menjadi penutup Gelaran Festival Salihara 2014

    Konser Ensemble Modern Menjadi penutup Gelaran Festival Salihara 2014 Konser Ensemble Modern Menjadi penutup Gelaran Festival Salihara 2014
  2. Ensemble Modern Hadir Mendukung Festival Salihara

    Ensemble Modern Hadir Mendukung Festival Salihara Ensemble Modern Hadir Mendukung Festival Salihara
  3. Beberapa Komposisi Karya Helmut Lachenmann Dibawakan Apik Oleh Ansamble Modern

    Beberapa Komposisi Karya Helmut Lachenmann Dibawakan Apik Oleh Ansamble Modern Beberapa Komposisi Karya Helmut Lachenmann Dibawakan Apik Oleh Ansamble Modern
  4. Ansemble Modern Terdiri Dari 12 Solois Terbaik Di Dunia Teater Musikal

    Ansemble Modern Terdiri Dari 12 Solois Terbaik Di Dunia Teater Musikal Ansemble Modern Terdiri Dari 12 Solois Terbaik Di Dunia Teater Musikal
  5. Ensemble Modern Merupakan Kelompok Musik Kamar Asal Frankfurt

    Ensemble Modern Merupakan Kelompok Musik Kamar Asal Frankfurt Ensemble Modern Merupakan Kelompok Musik Kamar Asal Frankfurt

Konser Ensemble Modern Menjadi Penutup Gelaran Festival Salihara 2014

Konser yang menampilkan Ensemble Modern menjadi penutup hajat dua tahunan yang diadakan oleh Komunitas Salihara, Jakarta. Festival Salihara juga bukan hanya menjadi peristiwa Nasional saja tapi juga Internasional karena menjadi bunga rampai dari karya-karya tari, teater,musik dari aneka jenis dan latar belakang dari para seniman tanah air dan Internasional yang ikut tampil dalam gelaran sudah digelar sejak tahun 2008 ini.

Ensemble Modern merupakan kelompok musik kamar yang berpusat di Frankfurt. Penampilan  yang unik dan berbeda menjadikan
 kumpulan dari 12 solois ini terkenal terbaik di dunia teater musikal, proyek tari dan video, musik kamar dan konser orkestra.  Dan Ensemble Modern Plays Frank Zappa: Greggery Peccary & Other Persuasions (2003) dan Everything is Healing Nicely (1999), The Yellow Shark (1993) merupakan sebagian dari karya-karya dari kelompok yang pernah meraih  sejumlah penghargaan.

Sejumlah penghargaan itu di antaranya The Praetorius Music Prize Lower Saxony (2009) untuk kategori inovasi musik dari Internationale Ensemble Modern Akademie dan “Artist of the Year” (2006) dari Beijing Music Festival.


Namun dalam kesempatannya tampil di festival yang diadakan sejak 13 September 2014 sampai dengan 22 Oktober 2014 ini The Ensemble Modern hanya membawa 5 personilnya antara lain Nina Janssen-Deinzer (Clarinet), Uwe Dierksen (Trombone), Rainer Romer (Percussion), Ueli Wiget (Piano), Michael M. Kasper (Violoncello).

Dengan membawakan beberapa komposisi karya Helmut Lachenmann, Dal Niente: Interier III-for clarinet (1970); Johannes Maria Staud, Esquisse retouchee (Incipit II)-for trombone (2001-2002); Pierre Boulez, 12 Notations-for piano (1945); Nicolaus A. Huber, dasselbe ist nicht dasselbe-version for snare drum (1978), Bernd Alois Zimmermann, Sonate-for solo violoncello (1960);  Johannes Schoellhorn, Conductus-version for clarinet, vibraphone, violoncello, piano (2010); Manfred Stahnke, Flug -for clarinet, violoncello, piano (2013-2014.

Meski waktu yang dikantongi Ensemble Modern dalam pertunjukan kali ini hanya memiliki  durasi sekitar 80 menit yang dimulai pukul 8 malam ini namun dapat menjadi penutup yang membawa kesan dalam festival tahun ini. (Fakhruddin Abd/geDoor)



23 Oktober 2014 - 16:17:02 WIB
Foto : Fakhruddin Abd/gedoor
Dibaca : 1686

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Hatebreed Gebrak Hammersonic 2014 Hatebreed Gebrak Hammersonic 2014
Senin, 28 April 2014
Terminal Hantu Blok M Terminal Hantu Blok M
Senin, 22 Agustus 2011

SHARE