Register Login

Jazz @Kota Tua, Festival Tahunan Pertama Di Kota Tua Jakarta

Festival Jazz @Kota Tua merupakan event perdana yang diselenggarakan di jantung kota tua yaitu di Taman Fatahillah, Museum Sejarah Jakarta pada 13 Desember 2014 lalu.   Acara inimelibatkan musisi jazz papan atas tanah air seperti Krakatau Ethno, Dewa Budjana Quintet, SimakDialog, Bsndsnsirs, Sri Hanuraga, Yuri Jo Collective, Ligro Trio, Nial Djoeliarso Trio, io Monero Latin Combo, Ina Ladies dan Dwiki Darmawan World Peace Orchestra.

Helatan yang telah menjadi bagian dari kalender kegiatan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta dan Museum Sejarah Jakarta ini juga mengundang beberapa musisi jazz internasional sebut saja misalkan Beledo (Gitaris jazz asal Amerika Serikat), Dale Barlow (Saxophonist asal Australia), Steve Thornton (Perkusionis asal Malaysia kelahiran Brooklyn NY).
 

Selain itu beberapa talenta muda yang unjuk kobolehan di event yang juga bagian dari kampanye kepedulian terhadap pentingnya konservasi dan revitalisasi kawasan Kota Tua Jakarta ini antara lainnya adalah Tesla Manaf, HajarBleh Big Band, Farabi percussion Ensemble, WTF, Keubit Bit Acehneese Jazz, RGP Project, Lantun Orchestra feat Intan Soekotjo, Farabi Rising Star with Ify Blink & Ita Purnamasari, Arnando Putra #Trilogy dan masih banyak lainnya yang menyemarakkan dua panggung yang berada dipelataran salah satu tempat bersejarah di Jakarta ini.
 

festival yang dibuat selain dengan maksud untuk mempresentasikan serta mengapresiasikan perkembangan akulturasi music jazz dengan mengembangkan basis music tradisional ini juga pempromosikan Kawasan Kota Tua Jakarta agar lebih dikenal baik dari kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Juga sekaligus menjadikannya sebagai kegiatan rekreatif yang menarik guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya warisan budaya dan pemberdayaan masyarakat seniman nantinya. (Fakhruddin Abd/geDoor)



17 Desember 2014 - 09:58:10 WIB
Foto : Fakhruddin Abd/gedoor
Dibaca : 1092

SHARE